PERTANYAAN
Ghania zahra
Assalamualaikum
pertanyaan buat malam minggu. adakah yg tau dalilnya bahwa dalam
shalat itu tidak apa2 memakai lapadz saidina dalam tahiyat
(shalawat)??silahkan di share ya,...nyimak
JAWABAN
Neng Gina Amalina
Dua Agak mengagetkan memang... Semoga saja jawaban ana nyambung ea?
بِسْـــــــمِ اللهِ
Mazhab As-Syafi`iyyah dan Al-Hanabilah menyatakan
bahwa shalawat kepada nabi dalam tasyahhud akhir hukumnya wajib.
Sedangkan shalawat kepada keluarga beliau SAW hukumnya sunnah menurut
As-Syafi`iyah dan hukumnya wajib menurut Al-Hanabilah.
Untuk itu kita bisa merujuk pada kitab-kitab fiqih, misalnya kitab
Mughni Al-Muhtaj jilid 1 halama 173, atau juga bisa dirunut ke kitab
Al-Mughni jilid 1 halaman 541.
Sedangkan menurut Al-Hanafiyah dan Al-Malikiyah, membaca shalawat
kepada nabi pada tasyahhud akhir hukumnya sunnah. Demikian juga dengan
shalawat kepada keluarga beliau.
Keterangan ini juga bisa kita lihat pada kitab Ad-Dur Al-Mukhtar
jilid 1 halaman 478 dan kitab Asy-Syarhu Ash-Shaghir jilid 1 halaman
319.
Adapun lafaz shalawat kepada nabi dalam tasyahud akhir seperti yang
diperintahkan oleh Rasulullah SAW adalah:
اللهم صلى على محمد وعلى آل
محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد
كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allahumma Shalli `ala Muhammad wa `ala aali Muhammad, kamaa
shallaita `ala Ibrahim wa `ala aali Ibrahim. Wa baarik `ala `ala
Muhammad wa `ala aali Muhammad, kamaa barakta `ala Ibrahim wa `ala aali
Ibrahim. Innaka hamidun majid.
Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Muhammad dan kepada
keluarganya, sebagaimana shalawat-Mu kepada Ibrahim dan kepada
keluarganya. Berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana barakah-Mu
kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkah Maha Terpuji dan
Maha Agung.
Masalah Penggunaan Lafaz ‘Sayyidina’ Di dalam kitab Ad-Dur
Al-Mukhtar jilid 1 halaman 479, kitab Hasyiyah Al-Bajuri jilid 1
halaman 162 dan kitab Syarhu Al-Hadhramiyah halaman 253 disebutkan
bahwa Al-Hanafiyah dan As-Syafi`iyah menyunnahkan penggunaan kata
(sayyidina) saat mengucapkan shalawat kepada nabi SAW . Meski tidak ada
di dalam hadits yang menyebutkan hal itu.
Landasan yang mereka kemukakanadalah bahwa penambahan kabar atas apa
yang sesungguhnya memang ada merupakan bagian dari suluk kepada
Rasulullah SAW. Jadi lebih utama digunakan daripada ditinggalkan.
Sedangkan hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW
berkata,`Janganlah kamu memanggilku dengan sebuatan sayyidina di dalam
shalat`, adalah hadits maudhu` dan dusta. .
Adapun selain mereka, umumnya tidak membolehkan penambahan lafadz
(sayyidina), khususnya di dalam shalat, sebab mereka berpedoman bahwa
lafadz bacaan shalat itu harus sesuai dengan petunjuk hadits-hadits
nabawi. Bila ada kata (sayyidina) di dalam hadits, harus diikuti. Namun
bila tidak ada kata tersebut, tidak boleh ditambahi sendiri.
Demikianlah, ternyata para ulama di masa lalu telah berbeda
pendapat. Padahal dari segi kedalaman ilmu, nyaris hari ini tidak ada
lagi sosok seperti mereka. Kalau pun kita tidak setuju dengan salah
satu pendapat mereka, bukan berarti kita harus mencaci maki orang yang
mengikuti pendapat itu sekarang ini. Sebab merekahanya mengikuti fatwa
para ulama yang mereka yakini kebenarannya. Dan selama fatwa itu lahir
dari ijtihad para ulama sekaliber fuqaha mazhab, kita tidak mungkin
menghinanya begitu saja.
Adab yang baik adalah kita menghargai dan mengormati hasil ijtihad
itu. Dan tentunya juga menghargai mereka yang menggunakan fatwa itu di
masa sekarang ini. Lagi pula, perbedaan ini bukan perbedaan dari segi
aqidah yang merusak iman, melainkan hanya masalah kecil, atau hanya
berupa cabang-cabang agama. Wallahu a’lam bishshawab,
EL Mahendra Selalutersenyum II
Menurut kalangan Madzhab Hanafi dan Syafi’i seperti Imam Romli, Imam
Qolyubi, Imam Syarqowi, Imam Hadhkafi, ibnu ‘Abidin menyatakan sunah
untuk menjaga etika terhadap nabi Muhammad Shollallaahu ‘alaihi wa
sallaama
Almausuu’ah Alfiqhiyyah alkuwaitiyyah juz 11
( أَوَّلاً )
التَّسْوِيدُ مِنَ السِّيَادَةِ
تَسْوِيدُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :
اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي حُكْمِ تَسْوِيدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلاَةِ ، وَحُكْمِ تَسْوِيدِهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَيْرِ الصَّلاَةِ .
أ - فِي الصَّلاَةِ :
7 - وَرَدَ لَفْظُ الصَّلَوَاتِ الإِْبْرَاهِيمِيَّةِ فِي كُتُبِ
الْحَدِيثِ وَالْفِقْهِ مَأْثُورًا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ ( سَيِّدِنَا ) قَبْل اسْمِهِ
عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ . وَأَمَّا إِضَافَةُ لَفْظِ (
سَيِّدِنَا ) فَرَأَى مَنْ لَمْ يَقُل بِزِيَادَتِهَا الاِلْتِزَامَ بِمَا
وَرَدَ عَنْهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لأَِنَّ فِيهِ
امْتِثَالاً لِمَا وَرَدَ عَنْهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ
غَيْرِ زِيَادَةٍ فِي الأَْذْكَارِ وَالأَْلْفَاظِ الْمَأْثُورَةِ عَنْهُ ،
كَالأَْذَانِ وَالإِْقَامَةِ وَالتَّشَهُّدِ وَالصَّلاَةِ
الإِْبْرَاهِيمِيَّةِ .
وَأَمَّا بِخُصُوصِ زِيَادَةِ ( سَيِّدِنَا ) فِي الصَّلاَةِ
الإِْبْرَاهِيمِيَّةِ بَعْدَ التَّشَهُّدِ ، فَقَدْ ذَهَبَ إِلَى
اسْتِحْبَابِ ذَلِكَ بَعْضُ الْفُقَهَاءِ الْمُتَأَخِّرِينَ كَالْعِزِّ
بْنِ عَبْدِ السَّلاَمِ وَالرَّمْلِيِّ وَالْقَلْيُوبِيِّ
وَالشَّرْقَاوِيِّ مِنَ الشَّافِعِيَّةِ ، وَالْحَصْكَفِيِّ وَابْنِ
عَابِدِينَ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ مُتَابَعَةً لِلرَّمْلِيِّ
الشَّافِعِيِّ ، كَمَا صَرَّحَ بِاسْتِحْبَابِهِ النَّفَرَاوِيُّ مِنَ الْمَالِكِيَّةِ .
وَقَالُوا : إِنَّ ذَلِكَ مِنْ قَبِيل الأَْدَبِ ، وَرِعَايَةُ
الأَْدَبِ خَيْرٌ مِنَ الاِمْتِثَال ، كَمَا قَال الْعِزُّ بْنُ عَبْدِ
السَّلاَمِ ) .
Selain dalam shalat
ب - فِي غَيْرِ الصَّلاَةِ :
- أَجْمَعَ الْمُسْلِمُونَ عَلَى ثُبُوتِ السِّيَادَةِ لِلنَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى عَلَمِيَّتِهِ فِي السِّيَادَةِ
. قَال الشَّرْقَاوِيُّ : فَلَفْظُ ( سَيِّدِنَا ) عَلَمٌ عَلَيْهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . وَمَعَ ذَلِكَ خَالَفَ بَعْضُهُمْ وَقَالُوا
: إِنَّ لَفْظَ السَّيِّدِ لاَ يُطْلَقُ إِلاَّ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى ؛
لِمَا رُوِيَ عَنْ أَبِي نَضْرَةَ عَنْ مُطَرِّفٍ قَال : قَال أَبِي :
انْطَلَقْتُ فِي وَفْدِ بَنِي عَامِرٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْنَا : أَنْتَ سَيِّدُنَا ، فَقَال : السَّيِّدُ
اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى . قُلْنَا : وَأَفْضَلُنَا فَضْلاً
وَأَعْظَمُنَا طَوْلاً ، قَال : قُولُوا بِقَوْلِكُمْ أَوْ بَعْضِ
قَوْلِكُمْ ، وَلاَ يَسْخَرْ بِكُمُ الشَّيْطَانُ . وَفِي حَدِيثٍ
آخَرَ أَنَّهُ جَاءَهُ رَجُلٌ قَال : أَنْتَ سَيِّدُ قُرَيْشٍ ، فَقَال
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : السَّيِّدُ اللَّهُ . )
قَال ابْنُ الأَْثِيرِ فِي النِّهَايَةِ : أَيْ هُوَ الَّذِي يَحِقُّ
لَهُ السِّيَادَةُ ، كَأَنَّهُ كَرِهَ أَنْ يُحْمَدَ فِي وَجْهِهِ ،
وَأَحَبَّ التَّوَاضُعَ . وَمِنْهُ الْحَدِيثُ لَمَّا قَالُوا : أَنْتَ
سَيِّدُنَا ، قَال : قُولُوا بِقَوْلِكُمْ أَيِ ادْعُونِي نَبِيًّا
وَرَسُولاً كَمَا سَمَّانِي اللَّهُ ، وَلاَ تُسَمُّونِي سَيِّدًا كَمَا
تُسَمُّونَ رُؤَسَاءَكُمْ ، فَإِنِّي لَسْتُ كَأَحَدِهِمْ مِمَّنْ
يَسُودُكُمْ فِي أَسْبَابِ الدُّنْيَا .
وَأَضَافَ ابْنُ مُفْلِحٍ إِلَى مَا سَبَقَ : وَالسَّيِّدُ يُطْلَقُ
عَلَى الرَّبِّ ، وَالْمَالِكِ ، وَالشَّرِيفِ ، وَالْفَاضِل ،
وَالْحَكِيمِ ، وَمُتَحَمِّل أَذَى قَوْمِهِ ، وَالزَّوْجِ ، وَالرَّئِيسِ ،
وَالْمُقَدَّمِ . وَقَال أَبُو مَنْصُورٍ : كَرِهَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُمْدَحَ فِي وَجْهِهِ وَأَحَبَّ
التَّوَاضُعَ لِلَّهِ تَعَالَى ، وَجَعَل السِّيَادَةَ لِلَّذِي سَادَ
الْخَلْقَ أَجْمَعِينَ . وَلَيْسَ هَذَا بِمُخَالِفٍ لِقَوْلِهِ لِسَعْدِ
بْنِ مُعَاذٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حِينَ قَال لِقَوْمِهِ
الأَْنْصَارِ : قُومُوا إِلَى سَيِّدِكُمْ أَرَادَ أَنَّهُ أَفْضَلُكُمْ رَجُلاً وَأَكْرَمُكُمْ . وَأَمَّا صِفَةُ اللَّهِ جَل
السيادة لمحمد صلّى الله عليه وسلم : قال الحنفية والشافعية : تندب
السيادة لمحمد في الصلوات الإبراهيمة؛ لأن زيادة الإخبار بالواقع عين سلوك
الأدب، فهو أفضل من تركه. وأما خبر «لا تسودوني في الصلاة» فكذب موضوع .
وعليه: أكمل الصلاة على النبي وآله: «اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل
سيدنا محمد، كما صليت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم، وبارك على
سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد، كما باركت على سيدنا إبراهيم، وعلى آل
سيدنا إبراهيم في العالمين، إنك حميد مجيد» ) .
Menambahkan lafadz sayyid untuk Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallama :
Kalangan Madzhab Hanafiyah dan syafi’iyyah menyunahkan menambah
‘’SAYYID” untuk Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallama dalam sholawat
ibrohimiyyah demi menjaga adab kesopanan terhadap beliau, lebih utama
ditambahkan ketimbang tidak (lihat adDur alMukhtaar I/479, Hasyiyah
alBaajuri I/162 dan Syarh Alhadhromiyyah Hal 47)
sedang hadits
“janganlah menyebutkan kata sayyid untuk ku di dalam solat” adalah
hadits bohong dan maudhu’ (Lihat Asna Almathoolib halaman 253)
Dengan demikian sholawat Ibrohimiyyah yang paling sempurna adalah :
” «اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد، كما صليت على سيدنا
إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم، وبارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد،
كما باركت على سيدنا إبراهيم، وعلى آل سيدنا إبراهيم في العالمين، إنك حميد
مجيد
Tidak ada komentar:
Posting Komentar