PERTANYAAN
Bagas Van'cool El-jabroil
Dzolim dalam lugowi arab. ??? Da yg twu. ??
JAWABAN
Tank MuheiInternisti
dzolim?? definisinya... "mahalu syaiin
min ghoiri mahaliha" nempatin sesuatu bukan pada tempatnya... contoh
orang yang harusnya (tempatnya/posisinya) dihukum malah dibebasin ato
sebaliknya itu berarti sudah berbuat dzolim... kita sebagai hamba
posisinya harusnya sholat malah engga.... jangan salah seperti buang
sampah sembarangan, (maaf) habis buang air kecil tidak disiram, keran
habis pakai tidak ditutup lagi dll.. pokoknya all about yang ada
tatakrama dan aturan (keharusan) nya terus kita tidak menjalankannya
berarti kita sudah berbuat dzolim...
Bagas Van'coolEl-jabroil
Neng Jihan@ bner neng tv haram hkum'y. . Dzilvi@ tp tu mang da dasar hukum'y...
Ahmad@hahhehee. .antum punya manqul anhu'y gakh. ??
Tp bkan kaidah usul fiqih... Jgn krna kta suka mnggunakn trus kta
brusaha m'msukn kaidah untk m'mblehkn ny. . Bsa2 kita dollu mudhillun.
.sesat n menyesatkn. .
El Mahendra Berdo'a
kita shere aja ya kg...dasar apa yg mengharamkan
fb membahas keagaamaan?pengharaman harus didasari dengan dasar yg
kuat,,sekarang masalah tv diharamkan dari segi dzatiyahnya atau dari
segi nntonnya,,,,???
Bagas Van'cool El-jabroil Kang hendra@
qoul ulma syeh abdulloh ulwan: d kitab tarbiayatul aulad juz 2 hal.161 mngatkan. .
Inna iqtina.at tilipiziuna wannadzri ilaihi biroomazatil haliati yu'addu min akbaril haromi wa.a'dzomil itsmi. . .
Akang oge orng psantren psti ngartos kna makna na. .
Hatur nuhun kang...
Nu hese ge nampi atnapi taslimna kang. . Sanes ngabahasna...!!
El Mahendra Berdo'a
sami2...namun tingal deui kitabna na kaleresan
didie aya kitab tarbiyatul aulad mah karangan syaikh muhammad nasih
alwan halaman 184 menerangkan tentang menonoton televisi,,,kalimat yg
kg bagas keluarkan itu adalah ujung dari pembahasannya sedangkan kalau
dilihat dari awal/ dari atas itu tergantung pemakaian..silahkan aja
buka lagi kitabnya,,,dan yg saya tau kitab tarbiytul aulad itu cuma 1
jilid,,,
kg coba lihat lg kitab Nasbul fawaid haL 68
مة تركها بل وحتى جهاز
الراديو لا يفتحه المسلم الا للحاجة وفى الوقت الذى لايضيع فيه علمه النافع
والامر لله
Tuhfatul Muhtaj juz 7 hal 192
ومحل ذلك أى عدم حرمة نظر المثال كما هو
ظاهر حيث لم يخش فتنة ولا شهوة -إلى أن
قال- وكذا عند النظر بشهوة بأن
يلتذ به وإن أمن الفتنة قطعا
Tidak ada komentar:
Posting Komentar