TIDAK SAH memindahka n
zakat ke daerah lain menurut pendapat mayoritas ulama yaitu pendapat azhar dari
kalangan syafi’iyya h, akan
tetapi kalau mengikuti terhadap pendapat yang memperbole hkan memindahka n zakat (seperti pendapat Ibn ‘Ujjail, Ibn
Sholaah, Abu Muhrimah, Arrauyaani , alKhithoob i dan Ibn ‘Attiq) maka boleh dan pendapat inipun boleh
diikuti.
Keterangan diambil dari
:
( من غالب قوت بلده ) أي بلد المؤدى عنه فلا تجزىء من غير غالب قوته أو قوت
مؤد أو بلده لتشوف النفوس لذلك ومن ثم وجب صرفها لفقراء بلده مؤدى عنه
(Keteranga n diambil
dari makanan pokok umum daerahnya) artinya daerah orang yang
mengeluark an zakat maka zakat
tidak cukup dengan makanan pokok yang tidak umum didaerahny a karena tingginya harapan
orang-oran g (atas yang ia
keluarkan) karenanya zakat juga
wajib diserahkan pada fakir
miskinnya daerah orang yang mengeluark annya.
Fath al-Muiin II/172
(مسألة : ج) : وجدت الأصناف أو بعضهم بمحلّ وجب الدفع إليهم ، كبرت البلدة أو
صغرت وحرم النقل ، ولم يجزه عن الزكاة إلا على مذهب أبي حنيفة القائل بجوازه ،
واختاره كثيرون من الأصحاب ، خصوصاً إن كان لقريب أو صديق أو ذي فضل وقالوا : يسقط
به الفرض ، فإذا نقل مع التقليد جاز وعليه عملنا وغيرنا ولذلك أدلة اهـ. وعبارة ب
الراجح في المذهب عدم جواز نقل الزكاة ، واختار جمع الجواز كابن عجيل وابن الصلاح
وغيرهما ، قال أبو مخرمة : وهو المختار إذا كان لنحو قريب ، واختاره الروياني ونقله
الخطابي عن أكثر العلماء ، وبه قال ابن عتيق ، فيجوز تقليد هؤلاء في عمل
النفس.
Bughyah al-Mustars yidiin I/217
Tidak ada komentar:
Posting Komentar