Imam lebih tinggi dari Ma’mum
حديث سهل بن سعد : وَلَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ عَلَيْهِ فَكَبَّرَ وَكَبَّرَ النَّاسُ وَرَاءَهُ
وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ ثُمَّ رَفَعَ فَنَزَلَ الْقَهْقَرَى حَتَّى
سَجَدَ فِي أَصْلِ الْمِنْبَرِ ثُمَّ عَادَ حَتَّى فَرَغَ مِنْ آخِرِ
صَلَاتِهِ ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ
إِنِّي صَنَعْتُ هَذَا لِتَأْتَمُّوا بِي وَلِتَعَلَّمُوا صَلَاتِي [رواه
البخاري (رقم 364) ومسلم (رقم 847) واللفظ له]
Hadits Sahl bin Sa’d rodhiyallohu ‘anhu,
Dan sungguh aku telah melihat Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam
berdiri di atasnya lalu beliau bertakbir dan orang-orang pun bertakbir
di belakang beliau sedangkan beliau berada di atas mimbar. Kemudian
beliau mengangkat kepala (yakni dari ruku’-pen) lalu mundur ke belakang
sehingga beliau sujud di dasar mimbar. Kemudian beliau mengulanginya
sampai selesai dari akhir sholatnya. Kemudian beliau menghadap manusia
lalu bersabda, “Wahai manusia, sesungguhnya aku melakukan hal ini agar
kalian mengikuti aku dan agar kalian memelajari tata cara sholatku.”
[Riwayat Bukhori (364) dan Muslim (847) dan lafadz ini milik beliau]
قال النووي : وَفِيهِ : جَوَاز صَلَاة الْإِمَام عَلَى مَوْضِع أَعْلَى
مِنْ مَوْضِع الْمَأْمُومِينَ ، وَلَكِنَّهُ يُكْرَه اِرْتِفَاع الْإِمَام
عَلَى الْمَأْمُوم ، وَارْتِفَاع الْمَأْمُوم عَلَى الْإِمَام لِغَيْرِ
حَاجَة ، فَإِنْ كَانَ لِحَاجَةٍ بِأَنْ أَرَادَ تَعْلِيمهمْ أَفْعَال
الصَّلَاة لَمْ يُكْرَه ، بَلْ يُسْتَحَبّ لِهَذَا الْحَدِيث ، وَكَذَا
إِنْ أَرَادَ الْمَأْمُوم إِعْلَام الْمَأْمُومِينَ بِصَلَاةِ الْإِمَام
وَاحْتَاجَ إِلَى الِارْتِفَاع
Imam Nawawi berkata, “Dalam dalam hadits ini terdapat pelajaran bolehnya
sholat seorang imam di atas suatu tempat yang lebih tinggi dari tempat
sholat ma’mum. Akan tetapi dibenci lebih tingginya (tempat) imam dari
ma’mumnya dan sebaliknya tanpa hajat. Jika karena suatu hajat, yaitu
untuk mengajarkan mereka tata cara sholat, maka tidak dibenci bahkan
disukai berdasarkan hadits ini. Begitu pula jika seorang ma’mum berniat
memberi tahu ma’mum yang lain tentang sholatnya imam dan membutuhkan
tempat yang tinggi.” [Syarh Shohih Muslim karya An-Nawawi, Kitab
al-Masajid wa Mawadhi’ish Sholat, bab Jawaazul Khuthwah wal Khuthwataini
fish Sholat]
yang
lebih afdzol itu antara tempat imam dengan ma'mum itu sama rata tidak
ada yang ditinggikan..adapun kalau tempat imam ditinggikan itu boleh
kalau ada hajat tapi MAKRUH kalau tidak ada hajat
Ianatu tholibin juz 2 hal 30
ويكره إرتفاع أحدهما على الاخر بلا حاجة ولو في المسجد
nambah Ibaroh tentang tempat imam
Syamsul muniroh juz 1 hal 354
يكره ارتفاع المأموم على الإمام وعكسه بلا حاجة ولو فى المسجد ارتفاعا يظهر حسا وان قل حيث عده العرف ارتفاعا
Makruh
hukumnya ma'mum lebih tinggi tempatnya dari imam atau sebaliknya bila
tida ada hajat, meskipun di masjid dengan tinggi yang jelas secara nyata
, meskipun sedikit, sekiranya 'uruf menganggap tinggi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar