MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Senin, 29 Juli 2013

MEMANJANGKAN RAMBUT UNTUK LAKI-LAKI

Pada dasarnya, memanjangkan rambut bagi laki – laki itu hukumnya diperbolehkan dan tidak dianggap tindakan menyerupai wanita (tasyabbuh bin-nisa’) yang dilarang, sebab Rosululloh sendiri rambutnya juga panjang, Barro’ rodhiyallohu ‘anhu meriwayatkan;

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا مَرْبُوعًا بَعِيدَ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ عَظِيمَ الْجُمَّةِ إِلَى شَحْمَةِ أُذُنَيْهِ عَلَيْهِ

"Rosulullah shollallohu 'alaihi wasallam itu berperawakan sedang, perpundak bidang, rambutnya lebat terurai ke bahu hingga sampai kedua cuping telinganya” (Shohih Muslim, no.2338)
Sebagian ulama’ memahami hadits ini dengan menyatakan bahwa panjang rambut nabi kebelakangnya sampai ke pundak, sedangkan kesampingnya sampai kuping. Sedangkan sebagian lainnya memahami bahwa riwayat yang berbeda-beda mengenai panjang rambut Nabi, karena keadaannya yang berbeda-beda, pada saat rambut beliau dipotong maka panjangnya hanya sebatas kuping, dan ketika belum dipotong, maka panjangnya sampai bahu.
Hanya saja, karena hal – hal seperti ini termasuk dalam kategori “sunanun ‘adat” (segala sesuatu yang dikerjakan nabi karena merupakan kebiasaan orang arab dimasa itu), maka hal ini boleh dikerjakan dan juga ditinggalkan.
Dan diperbolehkannya memanjangkan rambut bagi laki – laki asal  tidak dilakukan dengan cara yang menyerupai wanita atau kebiasaan orang – orang fasiq, jadi apabila menyerupai wanita atau orang – orang fasiq maka tidak diperbolehkan . Wallohu a’lam.

Syarah Muslim Lin-Nawawi, Juz : 15  Hal : 91 - 92
نكبين عظيم الجمة إلى شحمة أذنيه عليه حلة حمراء ما رأيت شيئا قط أحسن منه صلى الله عليه وسلم
……………………………………..
قوله (عظيم الجمة إلى شحمة أذنيه) وفي رواية ما رأيت من ذي لمة أحسن منه وفي رواية كان يضرب شعره منكبيه وفي رواية إلى أنصاف أذنيه وفي رواية بين أذنيه وعاتقه قال أهل اللغة الجمة أكثر من الوفرة فالجمة الشعر الذي نزل إلى المنكبين والوفرة مانزل إلى شحمة الأذنين واللمة التي ألمت بالمنكبين قال القاضي والجمع بين هذه الروايات أن ما يلي الأذن هو الذي يبلغ شحمة أذنيه وهو الذي بين أذنيه وعاتقه وما خلفه هو الذي يضرب منكبيه قال وقيل بل ذلك لاختلاف الأوقات فإذا غفل عن تقصيرها بلغت المنكب وإذا قصرها كانت إلى أنصاف الأذنين فكان يقصر ويطول بحسب ذلك والعاتق ما بين المنكب والعنق وأما شحمة الأذن فهو اللين منها في أسفلها وهو معلق القرط منها وتوضح هذه الروايات رواية إبراهيم الحربي كان شعر رسول الله صلى الله عليه وسلم فوق الوفرة ودون الجمة

Fatawi Asy-Syabakah Al-islamiyah, no.5068
فالمسلم مخير بين حلق شعره أو تركه، وما جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم في هذا عده العلماء من السنن الجبلية والعادة، وما كان كذلك فلا حرج في فعله أو تركه بخلاف سنن العبادة
 
 
http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2013/05/hukum-memanjangkan-rambut-bagi-laki-laki.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar