MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Senin, 29 Juli 2013

MEMUTAR KASET TARTIL

Deskripsi Masalah                                                      
Dengan perkembangan zaman serba modern cepat dan praktis, banyak cara orang melakukan ibadah dan mengamalkan ilmunya. Seperti Syekh Sudais, mereka adalah hafidz Al – Qur’an dan punya kelebihan suara bagus. Akhirnya mereka punya inisiatif untuk merekam bacaan Al-Qur’annya kemudian diperbanyak, dengan harapan bisa didengar dimanapun berada, ternyata usaha mereka pun berhasil, terbukti hampir setiap jumat sebelum sholat jumat memutar rekaman mereka. Dan yang unik, di desa kami ada kejadian, sebut saja pak SAHA ketika memperingati 1000 hari wafat kakeknya, dia memutar rekaman syekh sudais mulai pagi sampai sore, mulai juz satu sampai juz 30, dalam hati saya bertanya,” kenapa ya? Pak SAHA kok tidak mengundang hafidz dalam acara 1000 hari wafat kakeknya, akhirnya saya bertanya pada pak SAHA, dia menjawab “ Syekh Sudais bacaanya lebih fasih dan lebih tartil, gratis lagi…”. ada lagi sebut saja Ust Udin, dia mempunyai kelebihan yakni suara bagus, akhirnya dia merekam dan memperbanyak adzannya, yang sehingga ada sebuah musholla yang menggunakan rekaman adzan Ust Udin sebagai adzan setiap sholat fardlu.

Pertanyaan:
a. Apakah Syekh Sudais, orang yang memutar, dan orang yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an tersebut mendapatkan pahala? 
b. Dan apakah ada manfaatnya, ketika memutar bacaan Al-Qur’an tersebut diniati untuk di hadiahkan pada orang yang sudah meninggal?

Jawaban
Tafsil: 
Ä  Pahala membaca yang dilakukan oleh syaikh sudais tidak bisa sampai kepada orang yang mati, karena tidak ada niat dari pada qori’. 
B  Adapun pahala memutar dan mendengarkannya dan pahalanya dihadiahkan oleh sang pelaku (pemutar atau pendengar) kepada orang yang mati, maka pahalanya bisa sampai.

 إعانة الطالبين (ج 3 / ص 221)
( والحاصل ) أنه إذا نوى ثواب قراءة له أو دعا عقبها بحصول ثوابها له أو قرأ عند قبره حصل له مثل ثواب قراءته وحصل للقاريء أيضا الثواب  فلو سقط ثواب القارىء لمسقط كأن غلب الباعث الدنيوي بقراءته بأجرة فينبغي أن لا يسقط مثله بالنسبة للميت ولو استأجر للقراءة للميت ولم ينوه ولا دعا له بعدها ولا قرأ عند قبره علم يبرأ من واجب الإجارة وهل تكفي نية القراءة في أولها وإن تخلل فيها سكوت ينبغي نعم إذا عد ما بعد الأول من توابعه  م ر  اه لكن ظاهر كلام الشارح كالتحفة وشرح المنهج يفيد أن القراءة بحضرة الميت من غير نية ثواب القراءة له أو القراءة لا بحضرة الميت مع النية فقط من غير دعاء عقبها لا يحصل ثوابها لميت فلا بد في الأولى من النية وفي الثانية من الجمع بين النية والدعاء .
 نهاية الزين في إرشاد المبتدئين | صـ : 193
واختار ذلك ابن أبي عصرون وابن دقيق العيد والسبكي حتى قيل إن السبكي صلى عن قريبه بعد موته بل قال المحب الطبري في شرح التنبيه يصل للميت كل عبادة تفعل عنه واجبة أو مندوبة وقال ابن حجر نقلا عن شرح المختار مذهب أهل السنة أن للإنسان أن يجعل ثواب عمله وصلاته للميت ويصله اهـ
 البريقة المحمودية | الجزء الثاني صـ :124
اعلم أن الأصل في جنس هذا الباب أن للإنسان أن يجعل ثواب عمله لغيره من الأموات أو الأحياء حجا أو صلاة أو صوما أو صدقة أو غيرها كتلاوة القرآن وسائر الأذكار فإذا فعل شيئا من هذا وجعل ثوابه لغيره جاز بلا شبهة ويصل إليه عند أهل السنة والجماعة .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar