MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Senin, 29 Juli 2013

MENINGGALKAN SUNNAG GARA-GARA AHLUL BID'AH

Tidak diperbolehkan meninggalkan sunnah Nabi hanya gara-gara orang-orang yang melakukan bid’ah (mubtadi’in) juga mengerjakan amalan sunah tersebut, sebab perkara yang benar (al-haq) tidak boleh ditinggalkan dikarenakan perbuatan yang bathil. Para ulama’ dan orang-orang yang saleh juga senantiasa mengejakan sunah-sunah nabi meskipun mereka tahu bahwa kesunahan-kesunahan tersebut juga dikerjakan orang-orang yang melakukan bid’ah.

Jika perkarayang haq tidak boleh ditinggalkan lantaran suatu kebathilan, lalu bagaimana mungkin perkara yang haq sitinggalkan hanya lantaran orang-orang yang melakukan bid’ah juga mengejakannya.
Andai hal itu diperbolehkan, maka adzan, iqomat, sholat-sholat sunat rowatib, sholat hari raya, menjenguk orang sakit, salam, mendo’akan orang yang bersin, sedekah, menjamu tamu dan semua amal kebajikan lain yang sifatnya sunah akan ditinggalkan.

Wallahu a’lam.
مسئلة : إذا ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم سنة، هل يجوز تركها لكون المبتدع يفعلها أم لا ؟
الجواب : لا يجوز ترك السنة لمشاركة المبتدعين فيها، إذ لا يترك الحق لأجل الباطل. وما زال العلماء والصالحون يقيمون السنن مع العلم بمشاركة المبتدعين، وإذا لم يترك الحق لأجل الباطل فكيف يترك الحق لأجل المشاركة ؟، ولو شاغ ذلك لترك الأذان، والإقامة، والسنن الراتبة، وصلاة الأعياد، وعيادة المرضى، والتسليم، وتشميت العاطس، والصدقات، والضيافات، وجميع المبرات المندوبات. والله أعلم
Referensi : Fatawa Al-Mishriyah Li Izzuddin Ibnu Abdissalam, Hal : 37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar