Menurut pendapat yang Mu’tamad (yang dapat dijadikan pegangan) orang
yang “ berbuka puasa “ dengan cara menggauli istrinya tidak mendapatkan
kesunahan menyegerakan diri dalam berbuka puasa ( ta’jilul fithri ).
Alasannya karena berbuka puasa itu ber tujuan untuk untuk mengembalikan
stamina setelah seharian berpuasa, sedangkan melakukan hubungan intim
malah akan melemahkan stamina tubuh. Sedangkan menurut pendapat lain
sudah dianggap " berbuka puasa ".
Namun Syeh Ibrohim Al Bajuri memberikan pengecualian, beliau
menjelaskan jika memang tak punya apa-apa yang bisa dibuat berbuka pasa
selain berhubungan intim maka diperbolehkan baginya untuk berbuka pasa
puasa dengan bersenggama.
Dan karena hubungan intim tersebut dilakukan pada saat berbuka yang
berarti sudah tidak lagi berpuasa maka ia tidak terkena kafarot.
Nihayatuz Zain, Hal : 194
و) الثاني (تعجيل الفطر) بعد تحقق الغروب وقبل الصلاة للخبر السابق وسن
ذلك ولو مارا بالطريق ولا تنخرم مروءته به كطلب الأكل يوم عيد الفطر قبل
الصلاة ولو مارا بالطريق والمعتمد عدم حصول سنة التعجيل بالجماع لما فيه من
إضعاف القوة
Busyrol Karim, Juz : 1 Hal : 563
ومنه أيضاَ أنه يستحب (تعجيل الفطر)؛ للخبر الصحيح: لا تزال الناس بخير ما عجلوا الفطر، وأخروا السحور
وهل يحصل الفطر بنحو جماع وإدخال نحو عود في أذنه؟ قال (ب ج): الأولى نعم؛ وقال (ق ل): قوله (وتعجيل فطر) أي: بغير جماع.
وإنما يسن ما ذكر (عند تيقن الغروب) أو ظنه بأمارة قوية.
Hasyiyah Al Bajuri, Juz : 1 Hal : 293
فإن لم يجد إلا الجماع أفطر عليه, و قوله بعضهم لا يسن الفطر عليه محمول على ما إذا وجد غيره
Tidak ada komentar:
Posting Komentar