MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Jumat, 12 Juli 2013

PENJUALAN KUPON/UNDIAN BERHADIAH

PERTANYAAN
Indahnya Muara Hatiku

Assalamu'alaikum.....
bagaimana hukumnya ikut undian berhadiah yang mengharapkan hadiah....apa itu termasuk mengundi nasib atau perjudian pa bukan....??

JAWABAN

Ikhwanul Muslimin
sama sekali itu tidak termasuk mengundi nasib, karena kita tidak membeli kupon itu, namun yang kita beli adalah produk yang nyata dan memang harganya sebanding dngan yang kita ambil manfaatnya. adapun undian itu, hanyalah salah satu cara dari supermarket untuk meningkat daya beli konsumen, dan sama sekali tak ada unsur kedholiman didalamnya

Aris Yadi Rismaryadi
Ini pendapat ane, Kalo kita beli produk kemudian dgn syarat tertentu kita dpt kupon undian, itu termasuk dua akad dalam satu transaksi. Pertama akad beli produk, kedua akad beli kupon undian dr pembelian produk. Rasululloh SAW melarang jual beli dua akad dalam satu transaksi. Dan yg namanya undian cenderung judi.

A Iqbal Khan
waalaikumsalam warohmatullah,,
Hukum membeli barang-barang yang ada undian nya ditafsil:
1. Apabila hadiah tersebut tidak mempengaruhi kenaikan harga, maka hukumnya sah tanpa khilaf.
2. Apabila hadiah tersebut mempengaruhi kenaikan harga maka hukumnya ada tiga pendapat:
a) Sah secara mutlak (ini menurut qoul ashoh)
b) Tidak sah secara mutlak. c) Tidak sah apabila yang dimaksud membeli hadiah

Hukum mengikuti undian berhadiah seperti praktetk diatas ditafsil:
1. Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang sah (dengan jalan yang halal) dan hadiahnya terdiri dari barang yang halal, maka hukumnya boleh. 2. Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang tidak sah (dengan jalan yang haram) maka hukumnya haram sekalipun hadiahnya terdiri dari barang yang halal.

Al-Majmu syarah al-muhadzab juz 9 hal 254 (فرع) فى بيع القينة بفتح القاف وهى الجارية المغنية فاذا كانت تساوى الفا بغير غناء والفين مع الغناء فان باعها بألف صح البيع بلا خلاف فان باعها بالفين ففيها ثلاثة اوجه ذكرها امام الحرمين وغيره (اصحها) يصح بيعها وبه قال أبو بكر الازدى لانها عين طاهرة منتفع بها فجاز بيعها باكثر من قيمتها كسائر الاعيان. (والثانى) لا يصح قاله ابوبكر المحمودى من اصحابنا لان الالف تصير فى معنى المقابل للغناء (والثالث) ان قصد الغناء بطل البيع والا فلا قال الشيخ ابو زيد المروزى قال الامام الحرمين القياس السديد هو الجزم بالصحة ذكره فى فروع منثورة عند كتاب الصداق

Tidak ada komentar:

Posting Komentar