MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Selasa, 09 Juli 2013

SUNTIK DAN CANTUK/BEKAM SAAT PUASA

PERTANYAAN
A Qomarrudin Alanshory

As'salamualaikum..hargailh s"0rg tu krn ilmu'x jngan kau pndang s"org tu krn harta tahta dn kdudukan'x krn akn hlang sparo dri agma'x..mf cma nmu dri bungkus sukro..ada 2 yg mo sya tnyakan.yg prtma gmn hkum'x d cuntik d wkt qt puasa,btal pa g..? Yg k 2.gmn hkum'x d cantuk/d ambil drah ktor sat qt puasa btal pa g.? Trmksh Mhon jwabn'x dn jngan mrsa bsan dngan prtanyan sya,patokan sya malu brtanya ssat d jlan..d tnggu d jln bntu nch.hatur nhun

JAWABAN

Muhammad Alam Agustian
waalaikumsalam warohmatullah...hukumnya masih ikhtilap kg silahkan tinggal dipilih saja
1.Pendapat pertama : Membatalkan secara mutlak. Karena sampai ke dalam tubuh.
2.Pendapat kedua : Tidak membatalkan secara mutlak. Karena sampainya ke dalam tubuh bukan melalui lubang yang terbuka
3.Pendapat ketiga : diperinci sebagai berikut :
>>. Jika suntikan tersebut berisi suplemen, sebagai pengganti makanan atau penambah vitamin, maka membatalkan puasa. Karena ia membawa makanan yang dibutuhkan ke dalam tubuh.
>>. Jika tidak mengandung suplemen (hanya berisi obat), maka diperinci :
a. Apabila disuntikkan lewat pembuluh darah maka membatalkan puasa. b. Disuntikkan lewat urat-urat yang tidak berongga maka tidak membatalkan puasa

Takrirotus sadidah hal 452
: تجوز للضرورةو ولكن اختلفوا في ابطالها للصوم على ثلاث اقوال :
 ففي قول : انها تبطل مطلقا لأنها وصلت الى الجوف.
 وفي قول : انها لا تبطل مطلقا ، لأنها وصلت الى الجوف من غير منفذ مفتوح.
 وقول فيه تفصيل – وهو الأصح- : اذا كانت مغذية فتبطل الصوم, واذا كانت غير مغذية فننظر : اذا كان في العروق المجوفة-وهي الأوردة- : فتبطل، واذا كان في العضل – وهي العروق غير المجوفة – فلا تبطل


A Qomarrudin Alanshory Mkasih kng..klo d cantuknya gmn kng?

Muhammad Alam Agustian
2. sama masih ikhtilaf
pendapat pertama madzhab Hambali, Ishaq, Ibnul Mundzir, dan mayoritas fuqaha mereka mengatakan batal dengan hadist
عَنْ رَافِعِ بْنِ خَادِجٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّي الله عَلَيْهِ وَ سَلََّمْ : أَفْطَرَ الحَاجِمُ وَ المَحْجُوْمُ
Dari Rafi’ bin Khadij radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Berbuka (batal puasa) orang yang membekam dan dibekam

Pendapat kedua pendapat jumhur (mayoritas) ulama secara umum, baik dari kalangan ulama salaf maupun khalaf itu membolehkan nya (tidak batal) 
hadist bukhori no 1838
احْتَجَمَ رَسُوْلُ الله صَلَّي الله عَلَيْهِ وَ سَلََّمْ وَ هُوَ صَائِمٌ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam sedangkan beliau berpuasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar