MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Minggu, 14 Juli 2013

RUKUN KHUTBAH DENGAN BAHASA ARAB

ومحل اشتراط العربية ان كان في القوم عربي والا كفي كونها بالعجمية..........الخ...... 

Teks lengkapnya adalah :
ومحل اشتراط العربية ان كان في القوم عربي والا كفي كونها بالعجمية  الا في الاية فلا بد فيها من العربية ويجب ان يتعلم واحد من القوم العربية فان لم يتعلم واحد منهم عصوا كلهم ولا تصح جمعتهم مع القدرة على التعلم
Kedudukan disyaratkan (khutbah) bahasa Arab apabila dalam suatu kaum itu adalah yang mampu berbahasa Arab. Apabila tidak ada, maka memadai khutbah tersebut dengan bahasa ‘ajamiyah kecuali ayat al-Qur’an, maka tidak boleh tidak dari bahasa Arab. Wajib salah seorang dari kaum itu belajar bahasa Arab. Apabila salah satu dari mereka tidak belajar, maka semua mereka dihukum berbuat maksiat dan tidak sah jum’at mereka apabila mampu untuk belajar.
Penjelasan :
1.      1. Pada dasarnya khutbah wajib dalam bahasa Arab
2. Apabila dalam suatu kelompok masyarakat tidak ada yang mampu mengucapkan khutbah dalam bahasa Arab, sedangkan dalam kelompok mereka tersebut tidak ada yang belajar bahasa Arab, padahal mampu untuk belajar, maka jum’at mereka tidak sah dan mereka semua berdosa.
 3. Apabila memang di antara mereka tidak ada yang mampu mengucapkan khutbah dalam bahasa Arab, sedang di antara mereka ada belajar bahasa Arab atau tidak belajar karena tidak mempunyai kemampuan, maka jum’at itu sah dibaca dengan bahasa ‘ajamiyah, namun membaca ayat al-Qur’an tetap wajib dibaca dengan bahasa Arab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar