MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Sabtu, 13 Juli 2013

PEMBACAAN YASIN PADA MALAM NISFU SYA'BAN

Pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Sya’ban beserta macam-macam niatnya merupakan hasil ijtihad para ulama

ASNAL MATHOLIB FII AHADISI MUKHTALIFATIL MAROTIB HAL 234
أحاديث فضل نصف شعبان
تقدم منها أن الله ينـزل ليلة النصف من شعبان إلخ .... وبين رتبته فى بابه وما قالته العماء فيها وبالجملة فعدة ما ورد فى ليلة نصف شعبان يدل على فضلها كما ذكره أهل العلم وأما قراءة سورة يس ليلتها بعد المغرب والدعاء المشهور فمن ترتيب بعض أهل الصلاح من عند نفسه قيل هو البونى ولا بأس بمثل ذلك.
Adapun pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Sya’ban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad para ulama, konon ia adalah Syeikh Al Buni, dan hal itu bukanlah suatu hal yang buruk”.
============================================================

FATHUL MULKIL MAJID HAL 19
(ومن خواص صورة يس) كما قال بعضهم أن تقرأها ليلة النصف من شعبان ثلاث مرات الأولى بنية طول العمر والثانية بنية دفع البلاء والثالثة بنية الإستغناء عن الناس.  
Diantara keistimewaan surat Yasin, sebagaimana menurut sebagian para Ulama, adalah dibaca pada malam Nishfu Sya’ban sebanyak 3 kali. Yang pertama dengan niat meminta panjang umur, kedua niat terhindar dari bencana dan ketiga niat agar tidak bergantung kepada orang lain
============================================================

TALKHIZ FATAWI IBNU ZIYAD HAL 301
(مسئلة) حديث يس لما قرئت له لا أصل له ولم أر من عبر بأنه موضوع فيحتمل أنه لا أصل له فى الصحة والذى أعتقده جواز روايته بصيغة التمريض نحو بلغنا كما يفعله أصحاب الشيخ اسمعيل الجبرتى اهـ.
Hadis yang berbunyi “Surat Yasin dapat dibaca sesuai dengan niat tujuannya” merupakan hadis yang tidak ada dasarnya, tetapi saya tidak menemui ulama yang mengatakannya sebagai hadis palsu. Bisa jadi yang dimaksud adalah hadis tersebut tidak shohih. Saya meyakini bahwa boleh meriwayatkan hadis tersebut dengan redaksi riwayat yang tidak tegas, seperti telah sampai pada kami... sebagaimana yang dilakukan oleh murid-murid Syeikh Ismail Al Jabraty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar