MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Sabtu, 13 Juli 2013

MASALAH SHAALAT TARAWIH

PERTANYAAN
Mawar Putihku
Assalamu'alaykum
bolehkah kita ikut teraweh ke yang 11 raka'at?

JAWABAN

Adinda Icha Khumairah
wa'alaykumussalam...
Jika seseorang shalat tarawih berjama’ah bersama imam yang 23 raka’at, namun orang tersebut hanya shalat 11 raka’at saja. Apakah perbuatan ini sesuai dengan sunnah??
Yang sesuai dengan sunnahadalah tetap mengikuti imam meski ia shalat 23 rakaat. Karena Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ﻣﻦ ﻗﺎﻡ ﻣﻊ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺣﺘﻰ ﻳﻨﺼﺮﻑ ﻛﺘﺐ
ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻪ ﻗﻴﺎﻡ ﻟﻴﻠﺔ
Orang yang shalat tarawih mengikuti imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk” (HR. At Tirmidzi, no. 734, Ibnu Majah, no. 1317,
Ahmad, no. 20450).
Maka yang paling afdhal bagi seorang ma’mum adalah mengikuti imam sampai imam selesai. Baik ia shalat 11 rakaat maupun 23 rakaat, atau jumlah rakaat yang lain. Inilah yang paling baik.
Hadits yang diriwayatkan dari Abu Salamah bin ‘Abdurrahman, beliau bertanya pada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha tentang sifat shalat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pada bulan Ramadhan,
beliau menjawab:
ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺰِﻳْﺪُ ﻓِﻲْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻭَﻻَ ﻓِﻲْ ﻏَﻴْﺮِﻩِ
ﻋَﻠَﻰ ﺇِﺣْﺪَﻯ ﻋَﺸْﺮَﺓَ ﺭَﻛْﻌَﺔً …
Tidaklah (Rasulullah shallallahu alaihi wasallam) melebihkan (jumlah rakaat) pada bulan Ramadhan dan tidak pula pada selain bulan Ramadhan dari 11 rakaat.”
 (HR. Al-Imam Al-Bukhari)

<< El Mahendra Berdo'a
waalaikumsalam warohmatullah,,,
hadits yang menerangkan bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam melakukan qiyam Ramadhan 20 (dua puluh) rakaat adalah diriwayatkan oleh:
1. Imam Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Mushannafnya 2/68 Sanad dan matannya sbb:
حدثنا يزيد بن هارون قال انا ابراهيم بن عثمان عن الحكم عن مقسم عن ابن عباس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي في رمضان عشرين ركعة والوتر


2. Imam ‘Abd ibn Humaid dalam kitab MusnadnyaSanad dan matannya sbb:
حَدَّثَنِي أَبُو نُعَيْمٍ ، قَالَ : حَدَّثَنِي أَبُو شَيْبَةَ ، عَنِ الْحَكَمِ ، عَنْ مِقْسَمٍ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، قَالَ : " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِي رَمَضَانَ عِشْرِينَ رَكْعَةً ، وَيُوتِرُ بِثَلاثٍ


Syarah alyaqutun nafis juz 1 hal 43
صلاة التراويح
صلاة التراويح عشرون ركعة كل ليلة من رمضان
اى اكثرها ذلك فلو اقتصر على بعض العشرين صح واثيب عليه ثواب التراويح وقيل لا
SHOLAT TAROWIH
sholat tarowih adalah 20 rekaat pada setiap malam dibulan romadlon maksudnya 20 rekaat tadi adalah maksimalnya jika ada seseorang meringkas disebagian 20 rekaat maka SAH dan diberikan pahala baginya sebagaimana pahala tarawih dan dikatakan tidak seperti itu (tidak jadi tarawih)

ما كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَزِيْدُ فِى رَمَضَــــانَ وَلا فِى غَــيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشَرَةَ رََكْعَةً ، يُصَلِّى اَرْبَعًا فَلاَ تَسْـاَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى اَرْبَعًا فَلاَ تَسْــاَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَ طُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَــلِّى ثَلاَثًا ، فَقُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللَّهِ أَتَنَامُ قَبْلَ اَنْ تُوْتِرَ ؟ فَقَالَ : يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامُ وَلاَ يَـــــنَامُ قَلْبِى . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .
Tiadalah Rasulullah saw. menambah pada bulan Ramadlan dan tidak pula pada bulan lainnya atas sebelas rakaat. Beliau salat empat rakaat dan jangan Anda bertanya tentang kebagusan dan panjangnya
NAMUN KALANGAN SYAFIIYYAH DAN 3 MADZHAB LAIN MENYATAKAN ARAH HADITS TERSEBUT ADALAH PADA SHOLAT MALAM (WITIR/TAHAJJUD)

Syarh albahjah alwardiyyah juz 4 hal146
( ثُمَّ ) بَعْدَ الرَّوَاتِبِ ( التَّرَاوِيحُ ) لِسُنِّيَّةِ الْجَمَاعَةِ فِيهَا وَهِيَ ( مِنْ الرَّكَعَاتِ عِشْرُونَ فِيهَا عَشْرُ تَسْلِيمَاتِ ) وَذَلِكَ خَمْسُ تَرْوِيحَاتٍ كُلُّ تَرْوِيحَةٍ أَرْبَعُ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيمَتَيْنِ .
وَالْأَصْلُ فِيهَا خَبَرُ الصَّحِيحَيْنِ عَنْ عَائِشَةَ { أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّاهَا لَيَالِيَ فَصَلَّوْهَا مَعَهُ ثُمَّ تَأَخَّرَ وَصَلَّى فِي بَيْتِهِ بَاقِيَ الشَّهْرِ وَقَالَ خَشِيت أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ فَتَعْجِزُوا عَنْهَا } ؛ وَلِأَنَّ عُمَرَ جَمَعَ النَّاسَ عَلَى قِيَامِ شَهْرِ رَمَضَانَ الرِّجَالُ عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ ، وَالنِّسَاءُ عَلَى سُلَيْمَانَ بْنِ أَبِي حَثْمَةَ رَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ ، وَأَمَّا خَبَرُ { مَا كَانَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا غَيْرِهِ عَلَى إحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً } فَمَحْمُولٌ عَلَى الْوَتْرِ
Kemudian keutamaan shalat sunat setelah sunat rawaatib adalah sholat taraweh sebab disunahkannya dilakukan berjamaah dalam shalatnya, jumlah rakaatnya 20 dengan 10 kali salaman dan dengan 5 kali istirahat setiap istirahat setelah menjalani 4 kali rakaat.

Nihayatul muhtaj juz 1 hal 127
وَلَا تَصِحُّ بِنِيَّةٍ مُطْلَقَةٍ كَمَا فِي الرَّوْضَةِ بَلْ يَنْوِي رَكْعَتَيْنِ مِنْ التَّرَاوِيحِ أَوْ مِنْ قِيَامِ رَمَضَانَ .وَلَوْ صَلَّى أَرْبَعًا بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ يَصِحَّ إنْ كَانَ عَامِدًا عَالِمًا ، وَإِلَّا صَارَتْ نَفْلًا مُطْلَقًا ؛ لِأَنَّهُ خِلَافُ الْمَشْرُوعِ.)
Tidak sah shalat Tarawih dengan niat shalat Mutlak, seharusnya seseorang berniat Tarawih atau Qiyam Ramadhan dengan mengerjakan salam pada setiap 2 rakaat. Seandainya seseorang shalat Tarawih dengan 4 rakaat satu salam, jika ia sengaja-ngaja dan mengetahui maka shalatnya tidak sah. Kalau tidak demikian maka shalat itu menjadi shalat sunah Mutlak, Karena menyalahi aturan yang disyariatkan
intinya,,Sholat tarawih yang dilaksanakan 4 rakaat salam, menurut Syafiiyyah tidak sah
Almajmu juz 4 hal 32
 (فرع) يدخل وقت التراويح بالفراغ من صلاة العشاء ذكره البغوي وغيره ويبقى إلى طلوع الفجر وليصلها ركعتين ركعتين كما هو العادة فلو صلى أربع ركعات بتسليمة لم يصح ذكره القاضي حسين في فتاويه لأنه خلاف المشروع قال ولا تصح بنية مطلقة بل ينوي سنة التراويح أو صلاة التراويح أو قيام رمضان فينوي في كل ركعتين ركعتين من صلاة التراويح

11 rakaat juga ada hadistnya namun itu trgantung perspektif imam mana yang kita ambil namun untuk madzhab imam syafi'i itu 20 rakaat dengan tiap 2 rakaatnya 1x salam...
kalau beda madzhab dari pada tidak tarawih mendingan shalat tarawih sendiri saja,,,
Al-fiqhul manhaj ala imami syafi'i hal 4
وصلاة التراويح إنما تشرع في رمضان خاصة، وتسن فيها الجماعة وتصح فرادى
Dan shalat taraweh disyariatkan hanya tertentu dibulan ramadhan, disunahkan dalam menjalankannya secara berjamaah tapi sah dikerjakan sendirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar