Di antara keistimewaan malam Nishfu Sya’ban adalah sebagai berikut:
1. Menurut Imam Syafi’i, malam Nishfu Sya’ban adalah salah satu malam yang mustajabah.
2. Menurut ‘Atha bin Yasar, malam Nishfu Sya’ban adalah malam yang paling utama setelah Lailatul Qadar.
3. Menurut sahabat ‘Ikrimah, yang dimaksud dengan ayat إنا أنزلناه فى ليلة مباركة فيها يفرق كل أمر حكيم
dari surat Dukhan ayat 2, malam tersebut adalah malam Nishfu Sya’ban,
akan tetapi pendapat ini ditentang oleh jumhur ulama, dan yang dimaksud
dengan ليلة مباركة adalah Lailatul Qadar. 4. Menurut ulama yang lain, malam Nishfu Sya’ban adalah malam laporan amal tahunan kepada Allah SWT.
============================================================
FAIDZUL QODIR JUZ 6 HAL 50
من أحيا الليالى الأربعة وجبت له الجنة وهى ليلة التروية وليلة عرفة
وليلة النحر وليلة الفطر أى ليلة عيد الفطر وليلة عيد النحر قال الشافعى
بلغنا أن الدعاء يستجاب فى خمس ليال أول ليلة من رجب وليلة نصف شعبان
وليلتى العيد وليلة الجمعة.
“Imam Syafii berkata : Telah sampai kepada kami bahwa doa
dikabulkan dalam lima malam, yaitu awal malam bulan Rajab, malam Nishfu
Sya’ban, dua malam hari raya dan malam Jumat”.
============================================================
NAZHATUL MAJALIS JUZ 1 HAL 158
قال عطاء بن يسار ما بعد ليلة القدر أفضل من ليلة النصف من شعبان وهى من
الليالى التى يستجاب فيها الدعاء. قال النووى عطاء بن يسار من التابعين.
“Yasar bin Atho’ berkata : Tidak ada malam yang lebih utama
setelah Lailatul Qadar dibandingkan dengan Nishfu Sya’ban. Ia merupakan
salah satu malam yang mustajabah
============================================================
TAFSIR QURTUBI JUZ 16 HAL 85
وقال عكريمة هى ليلة النصف من شعبان يبرم فيها أمر السنة وينسخ الأحياء
من الأموات ويكتب الحاج فلا يزاد فيهم أحد ولا ينقص منهم أحد وروى عثمان بن
المغيرة قال قال النبى صلى الله عليه وسلم تقطع الأجال من شعبان إلى شعبان
حتى أن الرجل لينكح ويولد له وقد خرج اسمه فى الموتى. وقال القاضى أبو بكر
بن العرب وجمهور العلماء على أنها ليلة القدر. “Utsman bin Mughirah
meriwayatkan hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Ajal ditentukan dari satu
Sya’ban ke bulan Sya’ban berikutnya, hingga seseorang menikah,
dikaruniai anak dan namanya dikeluarkan dari orang-orang yang akan
meninggal”. Qadli Abu Bakar nin Al Araby berkata : Para Ulama’
mengatakan bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadar”
=============================================================FAIDZUL QODIR JUZ 2 HAL 302
قال الزين العراقى مزية ليلة نصف شعبان مع أن الله تعالى ينـزل كل ليلة
أنه ذكر مع النـزول فيها وصف آخر لم يذكر فى نـزول كل ليلة وهو قوله فيغفر
لأكثر من عدد شعر غنم كلب وليس ذا فى نـزول كل ليلة ولأن النـزول فى كل
ليلة مؤقت بشرط الليل أو ثلثه وفيها من الغروب وخص شعر غنم كلب لأنه لم يكن
فى العرب أكثر غنما منهم, وورد فى حديث آخر استثناء جماعة من المغفرة
(تنبيه) قال المجد ابن تيمية ليلة نصف شعبان روى فى فضلها من الأخبار
والأثار ما يقتضى أنها مفضلة ومن السلف من خصها بالصلاة فيها وصوم شعبان
جائت فيه أخبار صحيحة أما صوم نصفه مفردا فلا أصل له بل يكره قال وكذا
اتخاذه موسما تصنع فيه الأطعمة والحلوى وتظهر فيه الزينة وهو من المواسم
المحداثة المبتدعة التى لا أصل لها اهـ.
“Ibnu Taimiyah berkata : Dari beberapa hadis dan pandapat para
sahabat menunjukkan bahwa malam Nishfu Sya’ban memiliki keutamaan
tersendiri. Sebagian ulama Salaf melaksanakan salat sunah secara khusus
di malam tersebut, ataupun dengan puasa yang telah dijelaskan oleh
hadis-hadis shohih. Adapun puasa satu kali pada hari tersebut tidak
memiliki dasar sama sekali, bahkan makruh. Begitupula menjadikannya
sebagai perayaan dengan menghidangkan makanan, makanan ringan dan
menampakkan perhiasan. Hal ini merupakan perayaan-perayaan yang
dibuat-buat dan bid’ah yang tidak ada dalilnya”.
============================================================
HASYIYATUL JAMA JUZ 8 HAL 323
(قوله تعرض الأعمال) أى تعرض على الله تعالى وكذا تعرض فى ليلة نصف
شعبان وفى ليلة القدر فالأول عرض اجمالى باعتبار الأسبوع والثانى باعتبار
السنة وكذا الثالث, وفائدة تكرير ذلك اظهار شرف العاملين بين الملائكة وأما
عرضها تفصيلا فهو برفع الملائكة لها يالليل مرة وبالنهار مرة اهـ شرح حج.
وعبارة م ر والمراد عرضها على الله وأما رفع الملائكة لها فهو بالليل
مرة وبالنهار مرة ورفعها فى شعبان الثابت بخبر أحمد أنه صلى الله عليه وسلم
سئل عن إكثاره الصوم فى شعبان فقال إنه شهر ترفع فيه الأعمال فأحب أن يرفع
عملى وأنا صائم محمول على رفع الأعمال جملة انتهت “Amal-amal tersebut
diperlihatkan kepada Allah, begitu pula pada malam Nishfu Sya’ban dan
Lailatul Qadar. Yang pertama (Senin-Kamis) merupakan laporan amal
mingguan. Yang kedua dan ketiga (Nishfu Sya’ban dan Lailatul Qadar)
merupakan laporan amal tahunan”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar