MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Sabtu, 13 Juli 2013

KAWIN GANTUNG

PERTANYAAN
Atieka Khuliatul Khusna

Assalamu'alaikum wr wb....
Afwan '''''pernah denger ada yg nama'y kawin gantung.......yg bagaimna yg d sebut kawin gantung itu????terus bagaimanakah hukum'y kawin gantung d dalan islam..?? mohon penerangan'y....syukron.....'''^_^nyimak

JAWABAN

Neng Gina Amalina
وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ بِسْـــــــمِ اللهِ Nikah gantung atau di dalam bahasa Arab yang disebut Nikah Khitbah adalah bermaksud pernikahan yang melibatkan pasangan pengantin yang tidak tinggal serumah dalam satu masa atau tempoh yang telah ditetapkan hasil persetujuan kedua belah pihak pengantin lelaki dan perempuan. Tanggungjawab seorang suami kepada isteri dalam pemberian nafkah juga dapat diringankan dan dikurangkan

Syarat Perkahwinan Nikah Gantung Pengantin lelaki dan perempuan
Wali dan saksi
Akad Ijab Qabul
Mas kahwin yang ditetapkan
Hantaran yang ditangguhkan dahulu
Antara Sebab Nikah Gantung Dilakukan
Seorang suami yang masih tidak mampu untuk menyara seorang isteri
Pasangan pengantin yang masih lagi belajar atau tinggal berjauhan
Belum bersedia untuk berkahwin atau menunaikan tanggungjawab rumahtangga

EL Mahendra Selalutersenyum II
Pernikahan di bawah umur/kawin gantung tidak dapat dijadikan dasar pembatalan nikah sebab di dalam Islam tidak dikenal batas minimal usia nikah, hanya saja ketika mempelai wanita tersebut masih kanak-kanak, maka suami wajib menunda berhubungan badan sampai sekira si istri mampu berhubungan badan. hukumnya Diperbolehkan, apabila ada mashlahat dan persyaratan dilakukan di luar akad.

Al-fiqhul islam juz 9 hal 171
المبحث الأول أهلية الزوجين: يرى ابن شبرمة وأبو بكر الأصم وعثمان البتي رحمهم الله أنه لا يزوج الصغير والصغيرة حتى يبلغا لقوله تعالى:(حتى إذا بلغوا النكاح) (النساء:6/) فلو جاز التزويج قبل البلوغ لم يكن لهذا فائدة ولأنه لا حاجة بهما إلى النكاح ورأى ابن حزم أنه يجوز تزويج الصغيرة عملاً بالآثار المروية في ذلك. أما تزويج الصغير فباطل حتى يبلغ، وإذا وقع فهو مفسوخ (1) ولم يشترط جمهور الفقهاء لانعقاد الزواج: البلوغ والعقل وقالوا بصحة زواج الصغير والمجنون.
الصغر: أما الصغر فقال الجمهور منهم أئمة المذاهب الأربعة بل ادعى ابن المنذر الإجماع على جواز تزويج الصغيرة من كفء واستدلوا عليه بما يأتي
berkata ibnu jazim bahwa boleh menikahkan anak kecil sebagai pelaksanaan terhadap atsar..dan sepakat para ulama mujtahid terhadap bolehnya menikahkan anak kecil dari yang sekufu

Syarah nawawi ala muslim juz 9 hal 207
باب جواز تزويج الأب البكر الصغيرة فيه حديث عائشة رضي الله تعالى عنها قالت "تزوجني رسول الله r لست سنين وبنى بي وأنا بنت تسع سنين" وفي رواية "تزوجها وهي بنت سبع سنين" هذا صريح في جواز تزويج الأب الصغيرة بغير إذنها لأنه لا إذن لها والجد كالأب عندنا وقد سبق في الباب الماضي بسط الاختلاف في اشتراط الولي وأجمع المسلمون على جواز تزويجه بنته البكر الصغيرة لهذا الحديث وإذا بلغت فلا خيار لها في فسخه عند مالك والشافعي وسائر فقهاء الحجاز وقال أهل العراق لها الخيار إذا بلغت -إلى أن قال- واعلم أن الشافعي وأصحابه قالوا ويستحب ألا يزوج الأب والجد البكر حتى تبلغ
boleh menikahkan anak kecil sebagaiana hadist dari siti aisyah RA..yang mengatakan bahwa aku telah dinikahkan kepada rasulullah dalam usia 9 tahun..dan telah sepakat para golongan muslim terhadap kebolehan nya menikahkan anak kecil..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar