MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Jumat, 12 Juli 2013

DIUNDANG TETANGGA NON MUSLIM

PERTANYAAN
Mencari Jodoh 

ASSALAMUALAIKUM???
bolehkah saya bertanya??????bagaimana sehrusnya sikp kita yg diundang tetangganya yng non muslim,untuk makan bersama,,dislh satu hidangan itu ada minuman keras???????<<>>pertanyaan adalah<><><1,apakah keadaan seprti itu termasuk yg digambarkn sabda nabi;brg siapa yg beriman kpd allah.dan hari ahir,maka jangnlah duduk dimeja yang dikelilinginya khomar?2,apakah dlm kondisi diatas contoh teman kita yag sudh akrab bgt dengan kita[non muslim], mengundang kita...apakah diperkenankan ikut duduk disana?mhn penjelasanya?????/ makasih sebelumnya<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>

JAWABAN

El Mahendra Berdo'a
Menghadiri undangan suatu hajat seseorang yang hartanya ada campur aduk antara harta halal dan haram maka hukumnya dapat dirinci sebagai berikut:
- Apabila dimungkinkan harta haramnya lebih banyak maka hukum menghadirinya makruh sebagaimana dalam masalah di atas.
- Apabila dimungkinkan harta haramnya lebih sedikit maka hukum menghadirinya mubah (boleh), tetapi sebagian ulama berpendapat makruh menghadiri undangannya, baik kemungkinan campur aduknya lebih sedikit atau lebih banyak harta haramnya.
- Apabila diyakini ada campur aduk harta halal dan haram, maka haram menghadirinya, walaupun tidak bermaksud makan hidangannya atau menerima pemberiannya. Walaupun demikian, sebaiknya kita berbaik sangka kepada orang.

I’anah al-Thalibien, Juz 3 Hal 360
 وان لا يدعى لنحو خوف منه أو طعم فى جاهه أو لإعانته على باطل ولا الى شبهة بأن لا يعلم حرام فى ماله أما إذا كان فيه شبهة بأن علم اختلاطه او طعام الوليمة بحرام وإن قل فلا تجب بل تكره إن كان اكثر ماله حرام فان علم أن عين الطعام حرام حرمت الإجابة وإن لم يرد الأكل منه كما استظهره شيخنا (قوله ولا الى شبهة الخ) اي وان لا يدعى الى شبهة فى مال الداعى قال فى التحفة اي قوية ثم قال وقيدت بقوية لانه لا يوجد الأن ملك ينفك عن شبهة اهـ

Al-bajuri juz 2 hal 127
 وبقية الشروط مذكورة في المطولا ت منها ان يكون الداعي مسلما ايضا فلا تجب الإجابة على كافر إلى ان قال وان لا يدعوه من اكثر ماله حرام فإن كان كذلك كرهت اجابته مالم يعلم ان عين الطعام حرام و إلا حرمت وان لم يرد الأكل لأن فيه إقرارا على المعصية نعم إذا عم الحرام جاز إستعماله ما يحتاج إليه منه ولا يتوقف على الضرورة فان لم يكن أكثر ماله حراما لكن فيه شبهة لم تجب الإجابة ولم تسن بل تباح ولهذا قال الزركشي لا تجب الإجابة في زماننا هذا لكن لا بد ان يغلب على الظن أن في مال الداعي شبهة اهـ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar