MAJLIES eL _ ILMIE

MAJLIES   eL _ ILMIE

Senin, 29 Juli 2013

TANAH WAKAF DIBIKIN RUMAH

Deskripsi masalah

Pak Udin adalah Salah seorang dermawan, ia mewakafkan sebidang tanah ke pondok pesantren untuk dijadikan madrasah dan niat baik Pak Udinpun bisa terwujud karena tanah tersebut benar-benar dijadikan sebuah madrasah, dan sampai sekarang madrasah tersebut tetap exis karena banyak orang-orang yang ngaji di sana. akan tetapi lambat laun akhirnya. sebagian tanah tersebut dijadikan ndalem oleh Kiyai Pondok tersebut, tepatnya di halaman madrasah. Hal itu membuat sedikit kekecewaan bagi si waqif, dan seperti umumnya rumah-rumah, ndalem tersebut juga ditanami bermacam-macam pohon seperti pohon rambutan, pepaya, pisang, mangga dll

Pertanyaan :
  a. Dapatkah dibenarkan tindakan kiyai yang membuat ndalem di sebagian tanah waqaf seperti diatas?
Jawaban:
   Tidak dibenarkan. Karena menyalahi syarat wakif
Referensi :
/ إعانة الطالبين  - (ج 3 / ص 199(
ولو شرط) أي الواقف (شيئا) يقصد كشرط أن لا يؤجر مطلقا، أو إلا كذا: كسنة، أو أن يفضل بعض الموقوف عليهم على بعض - أو أنثى على ذكر - أو يسوى بينهم، أو اختصاص نحو مسجد - كمدرسة ومقبرة - بطائفة كشافعية: (اتبع) شرطه - في غير حالة الضرورة - كسائر شروطه التي لم تخالف الشرع.وذلك لما فيه من وجوه المصلحة: أما ما خالف الشرع: كشرط العزوبة في سكان المدرسة - أي مثلا - فلا يصح - كما أفتى به البلقيني - وخرج بغير حالة الضرورة، ما لم يوجد غير المستأجر الاول وقد شرط أن لا يوءجر لانسان أكثر من سنة أو أن الطالب لا يقيم أكثر من سنة ولم يوجد غيره في السنة الثانية: فيهمل شرطه حينئذ - كما قاله ابن عبد السلام.
 /بغية المسترشدين ص: 360           
 (مسألة : ب) : وظيفة الولي فيما تولى فيه حفظه وتعهده والتصرف فيه بالغبطة والمصلحة وصرفه في مصارفه هذا من حيث الإجمال ، وأما من حيث التفصيل فقد يختلف الحكم في بعض فروع مسائل الأوليا

b. Kalau tidak dibenarkan, Bagaimanakah solusinya
Jawaban
   Kalau untuk di tempati kiyai tidak ada solusi baik dg jual beli atau ijaroh mengingat tidak sesuai dg syarat wakif sebagaimana di sub A Kewajibannya harus di bongkar, atau di beli oleh madrasah jika memang ada maslahah untuk Madrasah.
Referensi
  /بغية المسترشدين - (ج 1 / ص 361
(مسألة : ش) : ليس للناظر غرس الأرض الموقوفة لنفسه بالأجرة بلا إذن الحاكم لتولي الطرفين ، فإن فعل قلع مجاناً ولزمه أقصى الأجر يصرفها في مصالح الوقف ، نعم إن أذن الواقف في صلب الوقف لناظرها أن يغرسها أو يزرعها لنفسه أو اطرد العرف بذلك جاز ، لأن العادة المطردة المقارنة للوقف كشرط الواقف.
   /بغية المسترشدين | صــ65 دار الفكر
(مسئلة ب) يجوز للمقيم شراء عبد للمسجد ينتفع به لنحو نزح إن تعينت المصلحة فى ذلك إذ المدار كله من سائر الأولياء عليها نعم لا نرى للقيم وجها فى تزويج العبد المذكور كولى اليتيم إلا أن يبعه بالمصلحة فيزوجه مشتريه ثم يرد للمسجد بنحو بيع مراعيا فى ذلك المصلحة ويجوز بل يندب للقيم أن يفعل ما يعتاد فى المسجد من قهوة ودخون ونحوهما مما يرغب نحو المصلين وإن لم يعتد قبل إذا زاد على عمارته.
  
   c. Dan siapakah yang berhak atas buah-buah dari pohon yang ditanam oleh pak kiyai?
Jawaban:
   Apabila menanam pohon tersebut  tujuannya miliknya sendiri maka buahnya miliknya kiyai, dg konsekwensi wajib membayar ujroh misil.Bila tidak sedemikiyan maka miliknya madrasah
Referensi :
/ تحفة الحبيب على شرح الخطيب الجزء الثالث صحـ 104
ويكره غرس الشجر في المسجد كما في الروضة .قلت : وهو محمول على ما إذا لم يضر بالمسجد أو بالمصلين ولم يقصد بها نفسه وإلا حرم فإن غرس قلع والقالع له الإمام أو نائبه دون الآحاد سواء حرم غرسه أو كره لأن له إزالة المكروه نعم ما غرس ليكون للمسجد ولا ضرر فيه لا يجوز قطعه لأنه ملك المسجد   قاله القاضي   وينبغي تقييده بما إذا كان له ثمر ينتفع به المسجد وإلا قلع والجاري على القواعد وجوب رعاية الأصلح من الإبقاء أو القلع وثمرة ما استحق القلع وغيره إن غرس للمسجد لم يجز أكلها إلا بعوض يصرفه في مصالحه وإن كان مسبلا للأكل أو جهل قصد الغارس جاز من غير عوض ومثلها ثمرة ما في المقبرة المسبلة وكجهل قصده ما إذا لم يكن له قصد ومثله ما إذا نبتت فيه بنفسها مدابغي 
/ فتح المعين مع حاشيته إعانة الطالبين  الجزء الثالث صحـ 183
( فرع ) ثمر الشجر النابت بالمقبرة المباحة مباح وصرفه لمصالحها أولى وثمر المغروس في المسجد ملكه إن غرس له فيصرف لمصالحه وإن غرس ليوءكل أو جهل الحال فمباح  (وقوله: أولى) أي من تبقيته للناس، وعبارة الروض وشرحه، ولو نبتت شجرة بمقبرة فثمرتها مباحة للناس تبعا للمقبرة، وصرفها إلى مصالح المقبرة أولى من تبقيتها للناس، لا ثمرة شجرة غرست للمسجد فيه، فليست مباحة بلا عوض، بل يصرف الامام عوضها لمصالحه، أي للمسجد، وتقييده بالامام من زيادته، وظاهر أن محله إذا لم يكن ناظر خاص، وإنما خرجت الشجرة عن ملك غارسها هنا بلا لفظ، كما اقتضاه كلامهم، للقرينة الظاهرة. وخرج بغرسها للمسجد، غرسها مسبلة للاكل، فيجوز أكلها بلا عوض وكذا إن جهلت نيته حيث جرت العادة به اه (قوله: وثمر المغروس) أي الشجر المغروس في المسجد وقوله ملكه، أي المسجد بمعنى أنه يصرف في مصالحه كما يفيده التفريع بعده، وليس مباحا للناس (قوله: إن غرس له) أي للمسجد بقصده لا للناس (قوله: فيصرف) أي الثمر، وهو تفريع على كونه ملكه (قوله: وإن غرس) أي الشجر. وقوله ليؤكل، أي الشجر، وهو على حذف مضاف، أي ثمره والمراد غرس بقصد إباحته للناس (قوله: أو جهل الحال) أي لم يدر، هل هو غرس للمسجد أو ليؤكل ؟ (قوله: فمباح) أي فثمره مباح، لانه الظاهر في الصورة الجهل، أنه إنما غرس لعموم المسلمين

MEMUTAR KASET TARTIL

Deskripsi Masalah                                                      
Dengan perkembangan zaman serba modern cepat dan praktis, banyak cara orang melakukan ibadah dan mengamalkan ilmunya. Seperti Syekh Sudais, mereka adalah hafidz Al – Qur’an dan punya kelebihan suara bagus. Akhirnya mereka punya inisiatif untuk merekam bacaan Al-Qur’annya kemudian diperbanyak, dengan harapan bisa didengar dimanapun berada, ternyata usaha mereka pun berhasil, terbukti hampir setiap jumat sebelum sholat jumat memutar rekaman mereka. Dan yang unik, di desa kami ada kejadian, sebut saja pak SAHA ketika memperingati 1000 hari wafat kakeknya, dia memutar rekaman syekh sudais mulai pagi sampai sore, mulai juz satu sampai juz 30, dalam hati saya bertanya,” kenapa ya? Pak SAHA kok tidak mengundang hafidz dalam acara 1000 hari wafat kakeknya, akhirnya saya bertanya pada pak SAHA, dia menjawab “ Syekh Sudais bacaanya lebih fasih dan lebih tartil, gratis lagi…”. ada lagi sebut saja Ust Udin, dia mempunyai kelebihan yakni suara bagus, akhirnya dia merekam dan memperbanyak adzannya, yang sehingga ada sebuah musholla yang menggunakan rekaman adzan Ust Udin sebagai adzan setiap sholat fardlu.

Pertanyaan:
a. Apakah Syekh Sudais, orang yang memutar, dan orang yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an tersebut mendapatkan pahala? 
b. Dan apakah ada manfaatnya, ketika memutar bacaan Al-Qur’an tersebut diniati untuk di hadiahkan pada orang yang sudah meninggal?

Jawaban
Tafsil: 
Ä  Pahala membaca yang dilakukan oleh syaikh sudais tidak bisa sampai kepada orang yang mati, karena tidak ada niat dari pada qori’. 
B  Adapun pahala memutar dan mendengarkannya dan pahalanya dihadiahkan oleh sang pelaku (pemutar atau pendengar) kepada orang yang mati, maka pahalanya bisa sampai.

 إعانة الطالبين (ج 3 / ص 221)
( والحاصل ) أنه إذا نوى ثواب قراءة له أو دعا عقبها بحصول ثوابها له أو قرأ عند قبره حصل له مثل ثواب قراءته وحصل للقاريء أيضا الثواب  فلو سقط ثواب القارىء لمسقط كأن غلب الباعث الدنيوي بقراءته بأجرة فينبغي أن لا يسقط مثله بالنسبة للميت ولو استأجر للقراءة للميت ولم ينوه ولا دعا له بعدها ولا قرأ عند قبره علم يبرأ من واجب الإجارة وهل تكفي نية القراءة في أولها وإن تخلل فيها سكوت ينبغي نعم إذا عد ما بعد الأول من توابعه  م ر  اه لكن ظاهر كلام الشارح كالتحفة وشرح المنهج يفيد أن القراءة بحضرة الميت من غير نية ثواب القراءة له أو القراءة لا بحضرة الميت مع النية فقط من غير دعاء عقبها لا يحصل ثوابها لميت فلا بد في الأولى من النية وفي الثانية من الجمع بين النية والدعاء .
 نهاية الزين في إرشاد المبتدئين | صـ : 193
واختار ذلك ابن أبي عصرون وابن دقيق العيد والسبكي حتى قيل إن السبكي صلى عن قريبه بعد موته بل قال المحب الطبري في شرح التنبيه يصل للميت كل عبادة تفعل عنه واجبة أو مندوبة وقال ابن حجر نقلا عن شرح المختار مذهب أهل السنة أن للإنسان أن يجعل ثواب عمله وصلاته للميت ويصله اهـ
 البريقة المحمودية | الجزء الثاني صـ :124
اعلم أن الأصل في جنس هذا الباب أن للإنسان أن يجعل ثواب عمله لغيره من الأموات أو الأحياء حجا أو صلاة أو صوما أو صدقة أو غيرها كتلاوة القرآن وسائر الأذكار فإذا فعل شيئا من هذا وجعل ثوابه لغيره جاز بلا شبهة ويصل إليه عند أهل السنة والجماعة .

KHOTIB BERHENTI DISETIAP ANAK TANGGA

DISKRIPSI MASALAH .
Sering kita lihat khotib jum’at apabila naik ke atas mimbar dia berhenti disetiap tangga  mimbar; sambil berkomat – kamit  seperti membaca Do’a.

Pertanyaan:
Adakah dasar hukum yang menerangkan hal tersebut.

Jawaban:
Berhenti sebentar di setap tangga sambil berdo’a hukumnya makruh . sedangkan berjalan pelan – pelan tanpa berhenti dan tanpa membaca do’a  adalah sunat.

 Kasyifatus saja hal 95
وعبارته:   قال الشهاب أحمد بن حجر الهيتمي : ويكره مابتدعه جهلة الخطباء ، ومنه التفاته ، الى ان قال والدعاء إذا انتهى الى المستراح قبل جلوسه عليه والوقوف في كل مرقاة وقفة خفيفة يدعو فيها قوله والدعاء اذا انتهى ذلك اهـ ( منهاج القويم ص. 78 )
قال الشيخ محمد نووى الجاوي البنتني ويسن للخاطب أن يسلم على من عندالمنبر او المرتفع وان يصعد بتؤدة ورفق نقله الزيادي عن الجويني اهـ

BERGERAK DALAM SHALAT


DISKRIPSI MASALAH
Ada seseorang ketika sedang sholat; mulai dari takbiratul ihrom sampai selesai selalu bergerak- gerak .

Pertanyaan:
Sahkah sholat orang tersebut. Jika tidak sah adakah pendapat yang mengesahkan hal tersebut.

Jawaban:
Jika geraknya kurang dari tiga kali hukumnya makruh ; jika gerakannya sampai tiga kali maka hukumnya batal; jika gerakannya karena penyakit /إضطرار  maka tidak batal.

Bugiyatul mustarsidin hal 55
( مسئلة ك) الاهتزاز في الصلاة وهو التمايل يمنة ويسرة مكروه مالم يكثر والا أبطل كالمضغ إلا أن يكون عن الاضطرار  اهـ

Al-Bjuri juz 1 hal 178
( العمل الكثير ) المتوالي كثلاثة خطوة عمدا كان كذلك او سهوا (قوله الكثير) اي في العرف وضبط بثلاثة أفعال فاكثر ولو باعضاء متعددة كان حرك رأسه ويحسب ذهاب اليد وعودها مرة واحدة مالم يسكن بينهما

SHALATNYA MUSAFIR


DESKRIPSI MASALAH
Ada seorang siswa melakukan perjalanan dari kota pamekasan ke malang dalam rangka melaksanaka tugas sekolah selama tiga hari, sesampainya di kota malang siswa tersebut berani lagi melakukan shalat jama’ dan qashar karena sudah sampai pada tujuan (tidak musafir).
     Pertanyaan:
Bolehkah siswa tersebut mengerjakan shalat jama’ dan qashar dengan kasus seperti di atas.
     Jawaban:
Boleh selama tidak berniat muqim.
   
Asnal matholib juz 3 hal 380
 ( وَيَنْتَهِي ) سَفَرُهُ أَيْضًا ( بِإِقَامَةِ أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ ) بِلَيَالِيِهَا ( صِحَاحٍ ) أَيْ غَيْرِ يَوْمَيْ الدُّخُولِ ، وَالْخُرُوجِ ؛ لِأَنَّ فِي الْأَوَّلِ الْحَطَّ وَفِي الثَّانِي التَّرْحَالَ .
وَهُمَا مِنْ أَشْغَالِ السَّفَرِ ( أَوْ نِيَّتِهَا ) أَيْ نِيَّةِ الْإِقَامَةِ مُطْلَقًا ، أَوْ أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ صِحَاحٍ مِنْ مُسْتَقِلٍّ مَاكِثٍ فَيَنْتَهِي سَفَرُهُ بِهَا إنْ كَانَ بِمَحَلِّ الْإِقَامَةِ بِخِلَافِ مَا لَوْ نَوَى إقَامَةَ مَا دُونَ الْأَرْبَعَةِ ، وَإِنْ زَادَ عَلَى ثَلَاثَةٍ وَأَصْلُ ذَلِكَ خَبَرُ الصَّحِيحَيْنِ { يُقِيمُ الْمُهَاجِرُ بَعْدَ قَضَاءِ نُسُكِهِ ثَلَاثًا } وَكَانَ يُحَرِّمُ عَلَى الْمُهَاجِرِينَ الْإِقَامَةَ بِمَكَّةَ وَمُسَاكَنَةَ الْكُفَّارِ ، فَالتَّرْخِيصُ فِي الثَّلَاثَةِ يَدُلُّ عَلَى بَقَاءِ حُكْمِ السَّفَرِ بِخِلَافِ الْأَرْبَعَةِ وَمَنَعَ عُمَرُ أَهْلَ الذِّمَّةِ الْإِقَامَةَ فِي الْحِجَازِ ، ثُمَّ أَذِنَ لِلتَّاجِرِ مِنْهُمْ أَنْ يُقِيمَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ رَوَاهُ مَالِكٌ بِإِسْنَادٍصحيح
   
Al-Minhaj juz 1 hal 56
وَلَوْ نَوَى إقَامَةَ أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ بِمَوْضِعٍ انْقَطَعَ سَفَرُهُ بِوُصُولِهِ.
وَلَا يُحْسَبُ مِنْهَا يَوْمَا دُخُولِهِ وَخُرُوجِهِ عَلَى الصَّحِيحِ.
وَلَوْ أَقَامَ بِبَلَدٍ بِنِيَّةِ أَنْ يَرْحَلَ إذَا حَصَلَتْ حَاجَةٌ يَتَوَقَّعُهَا كُلَّ وَقْتٍ قَصَرَ ثَمَانِيَةَ عَشَرَ يَوْمًا، وَقِيلَ أَرْبَعَةً، وَفِي قَوْلٍ أَبَدًا، وَقِيلَ الْخِلَافُ فِي خَائِفِ الْقِتَالِ لَا التَّاجِرِ وَنَحْوِهِ وَلَوْ عَلِمَ بَقَاءَهَا مُدَّةً طَوِيلَةً، فَلَا قَصْرَ عَلَى الْمَذْهَبِ.

Hasyiyatul jamal juz 7 hal 381
 بَابُ صَلَاةِ الْمُسَافِرِ ) الْمُرَادُ بِالْمُسَافِرِ الْمُتَلَبِّسُ بِالسَّفَرِ وَهُوَ قَطْعُ مَسَافَةٍ مَخْصُوصَةٍ وَجَمْعُهُ أَسْفَارٌ وَسُمِّيَ قَطْعُهَا سَفَرًا لِأَنَّهُ يُسْفِرُ عَنْ أَخْلَاقِ الرِّجَالِ أَيْ يَكْشِفُهَا وَيُبَيِّنُهَا وَقِيلَ لِإِسْفَارِ الرَّجُلِ بِنَفْسِهِ عَنْ الْبُيُوتِ وَالْعُمْرَانِ وَلِأَنَّهُ قِطْعَةٌ مِنْ الْعَذَابِ أَيْ جُزْءٍ مِنْهُ قَالَ الْحَافِظُ ابْنُ حَجَرٍ وَالْمُرَادُ بِالْعَذَابِ الْأَلَمُ النَّاشِئُ عَنْ الْمَشَقَّةِ لِمَا يَحْصُلُ فِي الرُّكُوبِ وَالْمَشْيِ فِيهِ مِنْ تَرْكِ الْمَأْلُوفِ وَلِذَلِكَ سُئِلَ إمَامُ الْحَرَمَيْنِ حِينَ جَلَسَ مَوْضِعَ وَالِدِهِ لِمَ كَانَ السَّفَرُ قِطْعَةً مِنْ الْعَذَابِ فَأَجَابَ عَلَى الْفَوْرِ لِأَنَّ فِيهِ فِرَاقَ الْأَحْبَابِ ، وَأَنْشَدُوا فِرَاقَك كُنْت أَخْشَى فَافْتَرَقْنَا فَمَنْ فَارَقْت بَعْدَك لَا أُبَالِي حَيَاتِي وَالتَّنَاسِي وَالتَّسَلِّي مُحَالٌ فِي مُحَالٍ فِي مُحَالِ تُرَى هَلْ تَكْتُبُ الْأَيَّامُ سَطْرًا وِصَالٌ فِي وِصَالٍ فِي وِصَالِ وَشُرِعَتْ صَلَاةُ الْمُسَافِرِ فِي السَّنَةِ الرَّابِعَةِ مِنْ الْهِجْرَةِ قَالَهُ ابْنُ الْأَثِيرِ ، وَقِيلَ فِي رَبِيعٍ الْآخَرِ مِنْ السَّنَةِ الثَّانِيَةِ قَالَهُ الدُّولَابِيُّ ، وَقِيلَ بَعْدَ الْهِجْرَةِ بِأَرْبَعِينَ يَوْمًا وَأَوَّلُ الْجَمْعِ كَانَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ سَنَةَ تِسْعٍ مِنْ الْهِجْرَةِ وَهِيَ آخِرُ الْغَزَوَاتِ ، وَمَا بَعْدَهَا سَرَايَا ا هـ .

HUKUM TEMPAT IMAM LEBIH TINGGI DARI MA'MUM

Imam lebih tinggi dari Ma’mum
حديث سهل بن سعد : وَلَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ عَلَيْهِ فَكَبَّرَ وَكَبَّرَ النَّاسُ وَرَاءَهُ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ ثُمَّ رَفَعَ فَنَزَلَ الْقَهْقَرَى حَتَّى سَجَدَ فِي أَصْلِ الْمِنْبَرِ ثُمَّ عَادَ حَتَّى فَرَغَ مِنْ آخِرِ صَلَاتِهِ ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي صَنَعْتُ هَذَا لِتَأْتَمُّوا بِي وَلِتَعَلَّمُوا صَلَاتِي [رواه البخاري (رقم 364) ومسلم (رقم 847) واللفظ له]
Hadits Sahl bin Sa’d rodhiyallohu ‘anhu,
Dan sungguh aku telah melihat Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam berdiri di atasnya lalu beliau bertakbir dan orang-orang pun bertakbir di belakang beliau sedangkan beliau berada di atas mimbar. Kemudian beliau mengangkat kepala (yakni dari ruku’-pen) lalu mundur ke belakang sehingga beliau sujud di dasar mimbar. Kemudian beliau mengulanginya sampai selesai dari akhir sholatnya. Kemudian beliau menghadap manusia lalu bersabda, “Wahai manusia, sesungguhnya aku melakukan hal ini agar kalian mengikuti aku dan agar kalian memelajari tata cara sholatku.” [Riwayat Bukhori (364) dan Muslim (847) dan lafadz ini milik beliau]

قال النووي : وَفِيهِ : جَوَاز صَلَاة الْإِمَام عَلَى مَوْضِع أَعْلَى مِنْ مَوْضِع الْمَأْمُومِينَ ، وَلَكِنَّهُ يُكْرَه اِرْتِفَاع الْإِمَام عَلَى الْمَأْمُوم ، وَارْتِفَاع الْمَأْمُوم عَلَى الْإِمَام لِغَيْرِ حَاجَة ، فَإِنْ كَانَ لِحَاجَةٍ بِأَنْ أَرَادَ تَعْلِيمهمْ أَفْعَال الصَّلَاة لَمْ يُكْرَه ، بَلْ يُسْتَحَبّ لِهَذَا الْحَدِيث ، وَكَذَا إِنْ أَرَادَ الْمَأْمُوم إِعْلَام الْمَأْمُومِينَ بِصَلَاةِ الْإِمَام وَاحْتَاجَ إِلَى الِارْتِفَاع
Imam Nawawi berkata, “Dalam dalam hadits ini terdapat pelajaran bolehnya sholat seorang imam di atas suatu tempat yang lebih tinggi dari tempat sholat ma’mum. Akan tetapi dibenci lebih tingginya (tempat) imam dari ma’mumnya dan sebaliknya tanpa hajat. Jika karena suatu hajat, yaitu untuk mengajarkan mereka tata cara sholat, maka tidak dibenci bahkan disukai berdasarkan hadits ini. Begitu pula jika seorang ma’mum berniat memberi tahu ma’mum yang lain tentang sholatnya imam dan membutuhkan tempat yang tinggi.” [Syarh Shohih Muslim karya An-Nawawi, Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ish Sholat, bab Jawaazul Khuthwah wal Khuthwataini fish Sholat]

yang lebih afdzol itu antara tempat imam dengan ma'mum itu sama rata tidak ada yang ditinggikan..adapun kalau tempat imam ditinggikan itu boleh kalau ada hajat tapi MAKRUH kalau tidak ada hajat
Ianatu tholibin juz 2 hal 30
ويكره إرتفاع أحدهما على الاخر بلا حاجة ولو في المسجد


nambah Ibaroh tentang tempat imam
Syamsul muniroh juz 1 hal 354
يكره ارتفاع المأموم على الإمام وعكسه بلا حاجة ولو فى المسجد ارتفاعا يظهر حسا وان قل حيث عده العرف ارتفاعا
Makruh hukumnya ma'mum lebih tinggi tempatnya dari imam atau sebaliknya bila tida ada hajat, meskipun di masjid dengan tinggi yang jelas secara nyata , meskipun sedikit, sekiranya 'uruf menganggap tinggi




HUKUM SHALAT DIATAS PAPAN

Hadits Ibnu Umar radhiyallohu anhuma,
عاد رسول الله صلى الله عليه وسلم رجلا من أصحابه مريضا ، و أنا معه ، فدخل عليه ، و هو يصلي على عود ، فوضع جبهته على العود ، فأومأ إليه فطرح العود ، و أخذ وسادة فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم دعها عنك ـ يعني الوسادة ـ إن استطعت أن تسجد على الأرض و إلا فأوم إيماء و اجعل سجودك أخفض من ركوعك
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam menjenguk seorang sahabatnya yang sakit, dan aku bersama beliau. Lalu beliau masuk menemuinya yang dalam keadaan sholat dengan sebatang kayu, dia meletakkan dahinya pada batang kayu itu, maka beliau mengisyaratkan kepadanya lalu membuang batang kayu itu. Dan dia mengambil bantal, lalu Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jauhkan bantal itu darimu, jika kamu mampu sujud di atas tanah (maka lakukanlah). Jika tidak maka berilah isyarat, dan jadikanlah sujudmu lebih rendah dari ruku’mu.”


Hadits ini dikeluarkan oleh Ath-Thobroni dalam Al-Mu’jamul Kabir (3/189/2)
نعم للحديث طريق أخرى عن ابن عمر يتقوى به ، يرويه سريج بن يونس حدثنا قران بن تمام عن عبيد الله بن عمر عن نافع عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ” من استطاع منكم أن يسجد فليسجد ، و من لم يستطع ، فلا يرفع إلى جبهته شيئا يسجد عليه ، و لكن بركوعه و سجوده يوميء برأسه ” . أخرجه الطبراني في ” الأوسط ” ( 1 / 43 / 1 – من زوائده )
“Ya, hadits ini memiliki jalan lain dari Ibnu Umar yang menjadikannya kuat. Diriwayatkan oleh Suraij bin Yunus (dia mengatakan) menceritakan kepada kami Qurron bin Tamam dari Ubaidulloh bin Umar dari Nafi’ dari Ibnu Umar rodhiyallohu ‘anhuma, dia berkata, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa di antara kalian mampu sujud maka sujudlah. Barangsiapa tidak mampu, maka janganlah dia mengangkat ke dahinya sesuatu yang dia gunakan untuk sujud. Akan tetapi untuk ruku’ dan sujudnya dia memberi isyarat dengan kepalanya.” Dikeluarkan oleh Ath-Thobroni dalam Al-Ausath (1/43/1- dari zawaidnya)”
 
Hadits Jabir ini dinukil oleh Ibnu Hajar al-Asqolani dalam Bulughul Marom hadits nomor 310.
وَعَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ { أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِمَرِيضٍ – صَلَّى عَلَى وِسَادَةٍ ، فَرَمَى بِهَا – وَقَالَ : صَلِّ عَلَى الْأَرْضِ إنْ اسْتَطَعْت ، وَإِلَّا فَأَوْمِ إيمَاءً ، وَاجْعَلْ سُجُودَك أَخْفَضَ مِنْ رُكُوعِك }
Dan dari Jabir rodhiyallohu ‘anhu, bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam berkata kepada seorang yang sakit – yang ketika itu sholat dengan bantal, lalu beliau membuang bantal tersebut – dan berkata, “Sholatlah di atas tanah jika mampu. Jika tidak, maka berilah isyarat, dan jadikanlah sujudmu lebih rendah dari ruku’mu.”

Dalam Subulus Salam syarh Bulughul Marom, ketika menjelaskan hadits Jabir rodhiyallohu ‘anhu, Ash-Shon’ani mengatakan,
وَالْحَدِيثُ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّهُ لَا يَتَّخِذُ الْمَرِيضُ مَا يَسْجُدُ عَلَيْهِ حَيْثُ تَعَذَّرَ سُجُودُهُ عَلَى الْأَرْضِ ، وَقَدْ أَرْشَدَهُ إلَى أَنَّهُ يَفْصِلُ بَيْنَ رُكُوعِهِ وَسُجُودِهِ ، وَيَجْعَلُ سُجُودَهُ أَخْفَضَ مِنْ رُكُوعِهِ فَإِنْ تَعَذَّرَ عَلَيْهِ الْقِيَامُ وَالرُّكُوعُ فَإِنَّهُ يُومِئُ مِنْ قُعُودٍ لَهُمَا جَاعِلاً الْإِيمَاءَ بِالسُّجُودِ أَخْفَضَ مِنْ الرُّكُوعِ …
“Hadits ini menunjukkan bahwa seorang yang sakit tidaklah menjadikan sesuatu benda yang dia gunakan untuk sujud ketika dia tidak mampu sujud di atas tanah. Dan beliau (Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam) membimbingnya agar membedakan antara ruku’ dan sujudnya, dan menjadikan sujud lebih rendah dari pada ruku’nya. Jika dia tidak mampu berdiri dan ruku’ maka dia dengan duduk dia mengisyaratkan keduanya, yaitu dengan menjadika isyarat untuk sujud lebih rendah dari isyarat untuk ruku’ …”
Inilah pemahaman yang bisa kita ambil dari hadits Ibnu umar rodhiyallohu ‘anhuma di atas. Yakni, kita dilarang menjadikan suatu benda baik berupa bantal, batang kayu atau yang lain untuk diletakkan pada dahi kita ketika kita tidak mampu sujud dengan meletakkan dahi kita di atas tanah.
=======================================================================
Adapun sholat diatas kain, tikar, karpet, papan kayu atau yang lain (tidak langsung menempel tanah atau lantai) maka hal ini dibolehkan.
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كُنَّا نُصَلِّي مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شِدَّةِ الْحَرِّ فَإِذَا لَمْ يَسْتَطِعْ أَحَدُنَا أَنْ يُمَكِّنَ جَبْهَتَهُ مِنْ الْأَرْضِ بَسَطَ ثَوْبَهُ فَسَجَدَ عَلَيْهِ
Dari Anas bin Malik rodhiyallohu ‘anhu dia berkata, “Dahulu kami sholat bersama Rosululloh dalam keadaan yang sangat panas. Jika salah seorang di antara kami tidak mampu menekankan dahinya ke tanah, dia membentangkan bajunya sehingga dia sujud padanya.” [Riwayat Muslim nomor 983]

Imam Bukhori membuat beberapa bab yang berurutan dalam kitab shohihnya “Sholat di atas hashir (tikar)”, “Sholat di atas khumroh” dan “Sholat di atas tempat tidur.”
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ جَدَّتَهُ مُلَيْكَةَ دَعَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِطَعَامٍ صَنَعَتْهُ لَهُ فَأَكَلَ مِنْهُ ثُمَّ قَالَ قُومُوا فَلِأُصَلِّ لَكُمْ قَالَ أَنَسٌ فَقُمْتُ إِلَى حَصِيرٍ لَنَا قَدْ اسْوَدَّ مِنْ طُولِ مَا لُبِسَ فَنَضَحْتُهُ بِمَاءٍ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَصَفَفْتُ وَالْيَتِيمَ وَرَاءَهُ وَالْعَجُوزُ مِنْ وَرَائِنَا فَصَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ انْصَرَفَ
Dari Anas bin Malik, bahwa neneknya, Mulaikah, mengundang Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam untuk makan makanan yang telah dibuatnya untuk beliau. Beliau pun makan kemudian bersabda, “Bangkitlah kalian, aku akan sholat mengimami kalian.” Anas berkata, lalu aku pun bangkit untuk mengambil hashir (tikar) milik kami yang telah menghitam karena lama dipakai. Aku membersihkannya dengan air. Lalu Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pun berdiri dan aku berbaris bersama seorang anak yatim di belakang beliau, sedangkan si nenek berada di belakang kami. Maka Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam mengimami kami dua rokaat kemudian berpaling. [Riwayat Bukhori bab “Sholat di atas hashir (tikar)”, (367)]

Dari Maimunah rodhiyallohu ‘anha dia berkata,
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى الْخُمْرَةِ
“Dahulu Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam sholat di atas khumroh.” [Riwayat Bukhori bab “Sholat di atas khumroh” nomor 368]


Imam Bukhori berkata, “Bab sholat di atas tempat tidur. Dan Anas sholat di atas tempat tidurnya.” Kemudian beliau membawakan beberapa hadits, di antaranya,
عُرْوَةُ أَنَّ عَائِشَةَ أَخْبَرَتْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَهِيَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ عَلَى فِرَاشِ أَهْلِهِ اعْتِرَاضَ الْجَنَازَةِ
Dari Urwah, bahwa Aisyah mengabarkan kepadanya bahwa Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah sholat sedangkan dia (Aisyah) berada di antara beliau dan kiblat di atas tempat tidur keluarganya melintang sebagaimana jenazah. [Riwayat Bukhori (370)]

عَنْ عُرْوَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَعَائِشَةُ مُعْتَرِضَةٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ عَلَى الْفِرَاشِ الَّذِي يَنَامَانِ عَلَيْهِ
Dari Urwah, bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah sholat sedangkan Aisyah melintang di antara beliau dan kiblat di atas tempat tidur mereka berdua. [Riwayat Bukhori (371)]
Imam Bukhori juga membuat bab dengan judul “Sholat di atas atap, mimbar dan kayu.”
Kemudian Ibnu Hajar mengomentarinya dengan berkata, “Dengan bab itu beliau mengisyaratkan kepada bolehnya. Adapun yang diperselisihkan oleh sebagian tabi’in dan pengikut madzhab malikiyah adalah tempat yang tinggi bagi seorang yang menjadi imam.” [Lihat Fathul Bari Kitab ash-Sholat bab ash-Sholat fis Suthuh wal Minbar wal Khosyab]

Dalam menjelaskan hadits Sahl bin Sa’d tentang sholatnya Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam di atas mimbar (yang akan datang lafadznya pada masalah berikutnya), Ibnu Hajar berkata, “Dalam hadits ini terdapat kebolehan sholat di atas kayu. Namun hal itu dibenci oleh al-Hasan dan Ibnu Sirin, dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah dari keduanya. Beliau juga mengeluarkan dari Ibnu Mas’ud dan Ibnu Umar semisal dengan itu. Dan dari Masruq, bahwa dia dahulu jika naik perahu membawa batu bata untuk dijadikan tempat sujud, dan semisal ini pula dari Ibnu Sirin. Namun yang dianggap adalah pendapat yang mengatakan bolehnya.” [Lihat Fathul Bari Kitab ash-Sholat bab ash-Sholat fis Suthuh wal Minbar wal Khosyab]

SHALAT WANITA YANG KELIHATAN DAGUNYA

Salah satu dari syarat sahnya sholat adalah menutup aurot, sedangkan batasan aurot bagi wanita adalah semua badannya kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Dalilnya adalah sabda Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam ;

لَا يَقْبَلُ اللَّهُ صَلَاةَ حَائِضٍ إِلَّا بِخِمَارٍ
"Alloh tidak menerima sholat wanita yang sudah haidh tanpa memakai khimar (kerudung)" (Sunan Abu Dawud, no.641, Sunan Ibnu Majah, no.655, Shohih Ibnu Hibban, no.1711, Musnad Ahmad, no.25167, 25833, 25834, 26226)
Sedangkan batasan dari wajah adalah mulai daritempat tumbuhnya rambut sampai dengan dagu dan ujung janggut. Dari batasan ini jelas bahwa dagu termasuk dalam batasan wajah yang dibuka saat sholat, namun bagian bawah dagu termasuk bagian yang wajib ditutupi, karena itulah untuk menutupi bagian bawah dagu secara sempurna mukena yang dipakai juga harus menutupi bagian ujung dari dagu. Jadi apabila bagian bawah dagu terbuka saat sholat maka sholatnya batal kecuali apabila ditutup seketika, dan tak ada bedanya antara terbukanya aurot entah itu hanya sedikit atau banyak sholatnya dihukumi tidak sah.
Pendapat yang menyatakan bahwa terbukanya aurot sedikit saja dalam sholat itu membatalkan sholat adalah pendapat madzhab Syafi'i. Sedangkan menurut madzhab Hanafi terbukanya aurot apabila tak melebihi seperempat bagian tubuh tidak membatalkan sholat, sedangkan menurut madzhab Hanbali terbukanya aurot jika hanya sedikit tidak membatalkan sholat, dan menurut pendapat sebagian ulama' madzhab Maliki menutupi aurot bukanlah syarat dari sholat sehingga apabila aurotnya terbuka sholatnya tetap sah.
Oleh karena itu Syekh Isma'il Bin Zen dalam fatwanya mengenai masalah ini menyatakan bahwa apabila hal ini dilakukan oleh wanita - wanita awam yang tak tahu caranya mengikuti salah satu madzhab (taqlid) maka sholatnya dihukumi sah sebab orang awam itu tidak memiliki madzhab (al-'ami la madzhaba lah).
Kesimpulannya menurut madzhab Syafi'i sholatnya wanita yang terbuka bagian bawah dagunya dihukumi batal, dan apabila hal ini dilakukan oleh orang - orang yang masih awam sholatnya dihukumi sah, namun tentunya kalau bisa ditunjukkan cara menutupi aurot yang benar. Wallohu a'lam.

Fathul Qorib, hal : 72 – 73
فصل : (وشرائط الصلاة قبل الدخول فيها خمسة أشياء): - إلى أن قال - (و) الثاني (ستر) لون (العورة) عند القدرة ولو كان الشخص خاليا أو في ظلمة. فإن عجز عن سترها صلى عاريا، ولا يومئ بالركوع والسجود، بل يتمهما، ولا إعادة عليه. ويكون ستر العورة (بلباس طاهر). ويجب سترها أيضا في غير الصلاة عن الناس وفي الخلوة إلا لحاجة من اغتسال ونحوه. وأما سترها عن نفسه فلا يجب لكنه يكره نظره إليها. وعورة الذكر ما بين سرته وركبته، وكذا الأمة؛ وعورة الحرة في الصلاة ما سوى وجهها وكفيها ظهرا وبطنا إلى الكوعين

Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 1  Hal : 371
قال المصنف رحمه الله : ثم يغسل وجهه وذلك فرض لقوله تعالى (فاغسلوا وجوهكم) والوجه ما بين منابت شعر الرأس إلى الذقن ومنتهى اللحيين طولا ومن الاذن إلى الاذن عرضا والاعتبار بالمنابت المعتادة لا بمن تصلع الشعر عن ناصيته ولا بمن نزل إلى جبهته وفي موضع التحذيف وجهان قال أبو العباس هو من الوجه لانهم أنزلوه من الوجه وقال أبو إسحق هو من الرأس لان الله تعالى خلقه من الرأس فلا يصير وجها بفعل الناس

الشرح : غسل الوجه واجب في الوضوء بالكتاب والسنن المتظاهرة والإجماع وهذا الذي ذكره المصنف في حد الوجه هو الصواب الذي عليه الأصحاب ونص عليه الشافعي رحمه الله في الأم وذكر المزني في المختصر في حده كلاما طويلا مختلا أنكره عليه الأصحاب ونقل إمام الحرمين عن الأصحاب في حده عبارة حسنة فقال قال الأصحاب حده طولا ما بين منحدر تدوير الرأس أو من مبتدإ تسطيح الجبهة إلى منتهى ما يقبل من الذقن ومن الأذن إلى الأذن عرضا

Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 3  Hal : 166 - 167
قال المصنف رحمه الله : يجب ستر العورة للصلاة لما روي عن عائشة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قال " لا يقبل الله صلاة حائض إلا بخمار " فان انكشف شئ من العورة مع القدرة لم تصح صلاته

الشرح : هذا الحديث رواه أبو داود والترمذي وقال حديث حسن ورواه الحاكم في المستدرك وقال حديث صحيح على شرط مسلم والمراد بالحائض التي بلغت سميت حائضا لأنها بلغت سن الحيض هذا هو الصواب في العبارة عنها ويقع في كثير من كتب شروح الحديث وكتب الفقه أن المراد بالحائض التي بلغت سن المحيض وهذا تساهل لأنها قد تبلغ سن المحيض ولا تبلغ البلوغ الشرعي ثم إن التقييد بالحائض خرج على الغالب وهو أن التى دون البلوغ لا ثصلى والا فلا يقبل صلاة الصبية المميزة إلا بخمار: واعلم أن الحديث مخصوص بالحرة وإلا فالأمة تصح صلاتها مكشوفة الرأس: أما حكم المسألة فستر العورة شرط لصحة الصلاة فان انكشف شئ من عورة المصلي لم تصح صلاته سواء أكثر المنكشف أم قل وكان أدنى جزء وسواء في هذا الرجل والمرأة وسواء المصلي في حضرة الناس والمصلي في الخلوة وسواء صلاة النفل والفرض والجنازة والطواف وسجود التلاوة والشكر ولو صلى في سترة ثم بعد الفراغ علم أنه كان فيها خرق تبين منه العورة وجبت إعادة الصلاة على المذهب سواء كان علمه ثم نسيه أم لم يكن علمه وفيه الخلاف السابق فيمن صلى بنجاسة جهلها أو نسيها فإن احتمل حدوث الخرق بعد الفراغ من الصلاة فلا إعادة عليه بلا خلاف كما سبق في نظيره من النجاسة في آخر باب طهارة البدن

فرع : في مذاهب العلماء في ستر العورة في الصلاة: قد ذكرنا أنه شرط عندنا وبه قال داود وقال أبو حنيفة إن ظهر ربع العضو صحت صلاته وإن زاد لم تصح وإن ظهر من السوأتين قدر درهم بطلت صلاته وإن كان أقل لم تبطل وقال أبو يوسف إن ظهر نصف العضو صحت صلاته
وإن زاد لم تصح وقال بعض أصحاب مالك ستر العورة واجب وليس بشرط فإن صلى مكشوفها صحت صلاته سواء تعمد أو سها وقال أكثر المالكية السترة شرط مع الذكر والقدرة عليها فإن عجز أو نسي الستر صحت صلاته وهذا هو الصحيح عندهم وقال أحمد إن ظهر شئ يسير صحت صلاته سواء العورة المخففة والمغلظة: دليلنا أنه ثبت وجوب التسر بحديث عائشة ولا فرق بين الرجل والمرأة بالاتفاق وإذا ثبت الستر اقتضى جميع العورة فلا يقبل تخصيص البعض إلا بدليل ظاهر

Qurrotul A'in Bi Fatawi Isma'il Bin Az-Zain, Hal : 52-53
انكشاف ما تحت الذقن من المرأة في الصلاة

سؤال : بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله الموفق للصواب والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى اله والأصحاب وعلى التابعين لهم بإحسان إلى يوم الماب
أما بعد : فقد قدم إلي بعض الإخوان سؤالا, هذا نصه : قد قرروا أن عورة الحرة في الصلاة جميع بدنها ما سوى الوجه والكفين, ومعلوم أن حد الوجه طولا ما بين منابت الشعر إلى اللحيين وعرضا من الأذن إلى الأذن. وقد وقع كثيرا انكشاف ما تحت الذقن من بدن المرأة حال صلاتها وطوافها, فهل تعذر في ذلك لكونه من أسفل أم يضر ذلك ؟ أفتونا رحمكم الله فالمسألة واقعة حال

فاقول وبالله التوفيق : أن انكشاف ما تحت الذهن من بدن المرأة في حال الصلاة والطواف يضر فيكون مبطلا للصلاة وللطواف, وذلك لأنه داخل في عموم كلامهم فيما يجب ستره. فقولهم عورة الحرة في الصلاة جميع بدنها الا الوجه والكفين يفيد ذلك لأمور : منها الإستثناء فإنه معيار العموم, ومنها قولهم يجب عليها أن تستر جزأ من الوجه من جميع الجوانب ليتحقق به كمال الستر لما عداه فظهر بذلك ان كشف ذلك يضر ويعتبر مبطلا للصلاة ومثلها الطواف, هذا مذهب سادتنا الشافعية

وأما عند غيرهم كالسادة الحنفية والسادة المالكية فان ما تحت الذقن ونحوه لا يعد كشفه من المرأة مبطلا للصلاة كما يعلم ذلك من عبارات كتب مذاهبهم. وحينئذ لو وقع ذلك من العاميات  اللاتي لم يعرفن كيفية التقليد  بمذهب الشافعية فان صلاتهن صحيحة لأن العامي لا مذهب له وحتن من العارفات بمذهب الشافعي إذا أردن تقليد غير الشافعي ممن يرى ذلك فأن صلاتهن تكون صحيحة لأن أهل المذاهب الأربعة كلهم على هدى. فجزاهم الله عنا خير الجزاء. وبذلك يعلم أن هذه المسألة وقع السؤال عنها هي موضع خلاف بين أئمة المذاهب وليست من المجمع عليه والحمد لله جعل في الأمر سعة
 
 
http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2013/03/sahkah-sholat-wanita-yang-terbuka.html

KEBANYAKAN PENGHUNI NERAKA ADALAH WANITA

Beberapa hadits menjelaskan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, diantaranya adalah hadits yang diriwatatkan oleh Abu Sa'id Al Khudhri rodhiyallohu 'anhu:

خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَضْحَى أَوْ فِطْرٍ إِلَى الْمُصَلَّى فَمَرَّ عَلَى النِّسَاءِ فَقَالَ يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ فَإِنِّي أُرِيتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ فَقُلْنَ وَبِمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ تُكْثِرْنَ اللَّعْنَ وَتَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ مَا رَأَيْتُ مِنْ نَاقِصَاتِ عَقْلٍ وَدِينٍ أَذْهَبَ لِلُبِّ الرَّجُلِ الْحَازِمِ مِنْ إِحْدَاكُنَّ قُلْنَ وَمَا نُقْصَانُ دِينِنَا وَعَقْلِنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أَلَيْسَ شَهَادَةُ الْمَرْأَةِ مِثْلَ نِصْفِ شَهَادَةِ الرَّجُلِ قُلْنَ بَلَى قَالَ فَذَلِكِ مِنْ نُقْصَانِ عَقْلِهَا أَلَيْسَ إِذَا حَاضَتْ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ قُلْنَ بَلَى قَالَ فَذَلِكِ مِنْ نُقْصَانِ دِينِهَا
 “Rasulullah Shollallohu 'alaihi wasallam pernah keluar di waktu Idul-Adha atau Idul-Fitri menuju tempat shalat. Lalu beliau lewat bertemu para wanita untuk bersabda ‘hai para wanita, shadaqahlah! Sungguh saya telah menyaksikan kalianlah lebih banyaknya penghuni neraka’. Sontak mereka berkata ‘kenapa ya Rasulallah?’. Nabi bersabda ‘kalian sering melaknat dan mengkufuri suami. Saya belum pernah mengerti orang-orang yang kurang akal dan agamanya yang lebih menghilangkan lubb (akal yang bersih dari hawa-nafsu dan emosi) daripada seorang kalian’Mereka bertanya ‘bagaimana kurangnya agama dan akal kami, ya Rasulallah?’. Nabi bersabda ‘bukankah (Allah menentukan) persaksian seorang wanita semisal setengah persaksian seorang pria?’. Mereka menjawab ‘betul’. Nabi bersabda ‘itu karena kurangnya akalnya. Bukankah jika haid tidak shalat dan tidak berpuasa?’. Mereka berkata ‘betul’. Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda ‘itu karena kurangnya agamanya’.” (Shohih Bukhori, no.304 dan Shohih Muslim, no.132)

Namun dalam riawat lain dijelaskan bahwa kebanyakan penghuni surga juga wanita :

عنْ مُحَمَّدٍ، قَالَ: إِمَّا تَفَاخَرُوا وَإِمَّا تَذَاكَرُوا: الرِّجَالُ فِي الْجَنَّةِ أَكْثَرُ أَمِ النِّسَاءُ؟ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: أَوَ لَمْ يَقُلْ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ أَوَّلَ زُمْرَةٍ تَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ، وَالَّتِي تَلِيهَا عَلَى أَضْوَإِ كَوْكَبٍ دُرِّيٍّ فِي السَّمَاءِ، لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ اثْنَتَانِ، يُرَى مُخُّ سُوقِهِمَا مِنْ وَرَاءِ اللَّحْمِ، وَمَا فِي الْجَنَّةِ أَعْزَبُ
"Dari Muhammad berkata: Mungkin mereka saling membangga-banggakan diri atau menyebut-nyebut bahwa kaum lelaki lebih banyak disurga dari pada kaum wanita, lalu Abu Hurairah berkata: Bukankah Abu Al Qasim Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Sesungguhnya golongan pertama yang masuk surga wujudnya seperti bulan di malam purnama, golongan selanjutnya wujudnya seperti bintang paling terang di langit dan setiap lelaki diantara mereka memiliki dua istri, tulang betis keduanya terlihat dari baik daging dan disurga tidak ada orang bujang."(Shohih Muslim, no.2834)

Sekilas, nampak ada pertentangan antara 2 hadits diatas, dimana hadits yang pertama menjelaskan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, sebaliknya hadits kedua menjelaskan bahwa kebanyakan penghuni surga adalah wanita. Para ulama' memberikan penjelasan berbeda menanggapi dua riwayat yang seakan-akan bertentangan tersebut ;
1. Kedua hadits diatas mengisyaratkan bahwa jumlah wanita dudunia ini lebih banyak daripada laki-laki, karena itu baik disurga atau dineraka kebanyakan penghuninya adalah wanita.
2. Memang benar kebanyakan penghuni neraka adalah wanita sebelum Nabi memberikan syafa'atnya kepada orang-orang muslim ahli maksiat yang masuk neraka, setelah Nabi memberikan syafa'at pada ahli maksiat yang masuk neraka, dan banyak wanita ahli maksiat yang dikeluarkan dari neraka, akhirnya kebanyakan penghuni surga adalah wanita.
3. Yang dilihat Nabi pada saat itu memang kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, namun ini tidak menutup kemungkinan jumlahnya mengalami perubahan.
Bagaimana pun, pesan yang ingin disampaikan dalam hadits yang menjelaskan bahwa kebanyakan penghuni neraka, seperti yang diriwayatkan Abu Sa'id Al Khudzri diatas adalah  peringatan bagi wanita agar selalu mawas diri, memperbanyak melakukan kebaikan, menjaga lisannya dari ucapan-ucapan dosa, seperti melaknat seseorang dan berbuat baik terhadap suaminya, karena kebanyakan dari wanita kurang bisa menjaga lisannya dan kurang taat dan berani terhadap suaminya.
Jadi, hadit diatas sama sekali tidak bertentangan dengan realitas yang ada dimana kebanyakan yang memenuhi majlis-majlis ta'lim atau acara acara dan ritual keagamaan adalahg wanita, sebab yang ditekankan oleh nabi adalah kurang taatnya seorang wanita terhadap suaminya dan kurang bisa menjaga ucapannya, dua hal ini yang menjadi penyebab utama wanita masuk neraka. Wallohu a'lam.

Syarah Shohih Muslim Lin-Nawawi, Juz : 2  Hal : 66-67

حدثنا محمد بن رمح بن المهاجر المصري، أخبرنا الليث، عن ابن الهاد، عن عبد الله بن دينار، عن عبد الله بن عمر، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: «يا معشر النساء، تصدقن وأكثرن الاستغفار، فإني رأيتكن أكثر أهل النار» فقالت امرأة منهن جزلة: وما لنا يا رسول الله أكثر أهل النار؟ قال: «تكثرن اللعن، وتكفرن العشير، وما رأيت من ناقصات عقل ودين أغلب لذي لب منكن» قالت: يا رسول الله، وما نقصان العقل والدين؟ قال: " أما نقصان العقل: فشهادة امرأتين تعدل شهادة رجل فهذا نقصان العقل، وتمكث الليالي ما تصلي، وتفطر في رمضان فهذا نقصان الدين " وحدثنيه أبو الطاهر، أخبرنا ابن وهب، عن بكر بن مضر، عن ابن الهاد بهذا الإسناد مثله
...................................................
وأما أحكام الحديث ففيه جمل من العلوم منها الحث على الصدقة وأفعال البر والإكثار من الاستغفار وسائر الطاعات وفيه أن الحسنات يذهبن السيئات كما قال الله عزوجل وفيه أن كفران العشير والإحسان من الكبائر فإن التوعد بالنار من علامة كون المعصية كبيرة كما سنوضحه قريبا إن شاء الله تعالى وفيه أن اللعن أيضا من المعاصي الشديدة القبح وليس فيه أنه كبيرة فإنه صلى الله عليه وسلم قال تكثرن اللعن والصغيرة إذا أكثرت صارت كبيرة

Syarah Shohih Muslim Lin-Nawawi, Juz : 17  Hal : 66-67
حدثني عمرو الناقد، ويعقوب بن إبراهيم الدورقي، جميعا عن ابن علية - واللفظ ليعقوب - قالا: حدثنا إسماعيل ابن علية، أخبرنا أيوب، عن محمد، قال: إما تفاخروا وإما تذاكروا: الرجال في الجنة أكثر أم النساء؟ فقال أبو هريرة: أو لم يقل أبو القاسم صلى الله عليه وسلم: «إن أول زمرة تدخل الجنة على صورة القمر ليلة البدر، والتي تليها على أضوإ كوكب دري في السماء، لكل امرئ منهم زوجتان اثنتان، يرى مخ سوقهما من وراء اللحم، وما في الجنة أعزب؟
....................................
قال القاضي ظاهر هذا الحديث أن النساء أكثر أهل الجنة وفي الحديث الآخر أنهن أكثر أهل النار قال فيخرج من مجموع هذا أن النساء أكثر ولد آدم قال وهذا كله فى الآدميات والافقد جاء للواحد من أهل الجنة من الحور العدد الكثير

Dalilul Falihin, Juz : 4  Hal : 423
قال الحافظ: وفي حديث أبي سعيد عند مسلم في صفة أدنى أهل الجنة «ثم يدخل عليه زوجتاه» ولأبي يعلى عن أبي هريرة «فدخل الرجل على ثنتين وسبعين زوجة مما ينشىء الله زوجتين من ولد آدم» واستدل أبو هريرة بهذا الحديث على أن النساء في الجنة أكثر من الرجال كما أخرجه عنه مسلم في «صحيحه» وهو واضح، لكن يعارضه قوله في حديث الكسوف «أكثر أهل النار» . ويجاب بأنه لا يلزم من كون أكثرهن في النار، نفى كون أكثرهن في الجنة لكن يشكل عليه حديث اطلعت الخ، ويحتمل أن الراوي رواه بالمعنى الذي فهمه من أن كونهن أكثر ساكني النار يلزم منه كونهن أقل ساكني الجنة وليس ذلك بلازم لما قدمته، ويحتمل أن يكون ذلك في أول الأمر قبل خروج العصاة من النار بالشفاعة والله أعلم. قال شيخ الإسلام زكريا: ويجاب أيضاً بأن المراد بكونهن أكثر أهل النار نساء الدنيا وبكونهن أكثر أهل الجنة نساء الآخرة فلا تنافي اهـ

Mir'atul Mafatih Syarah Misykatul Mashobih, Juz : 1  Hal : 80-81
أكثر أهل النار) –إلى أن قال- ، ولا يعارض هذا ما أخرجه أبويعلى عن أبي هريرة في حديث الصور الطويل مرفوعاً: ((فيدخل الرجل على اثنتين وسبعين زوجة مما ينشئ الله وزوجتين من ولد آدم)) وغير ذلك من الأحاديث الدالة على كون الزوجتين من نساء الدنيا، وكثرة النساء في الجنة دون النار لأنه يحتمل أن يكون ذلك في أول الأمر قبل خروج العصاة من النار بالشفاعة، وقيل: كانت الأكثرية عند مشاهدته إذ ذاك ولا تنسحب على مجموع الزمان، فتأمل
 
 
http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2013/02/penjelasan-hadits-yang-menyatakan.html

WANITA HAID MEMASUKI AREA PEMAKAMAN

Hukum seorang wanita yang sedang haidh masuk kearea pemakaman diperinci sebagai berikut :
1. Apabila area pemakamannya berada didalam masjid, maka;

•    Tidak diperbolehkan masuk kearea pemakaman tersebut apabila tujuannya masuk adalah untuk berdiam diri ditempat tersebut, semisal untuk berziaroh, sebab wanita yang sedang haidh diharomkan berdiam diri didalam masjid.
•    Diperbolehkan masuk ke area pemakaman tersebut apabila ia hanya lewat saja, dengan syarat ia benar - benar yakin bahwa darahnya tidak akan keluar dan menetes ke masjid, sebab wanita yang sedang haidh diperbolehkan lewat didalam masjid, namun apabila khawatir akan mengotori masjid, diharamkan masuk masjid meskipun hanya lewat saja.

2. Apabila area pemakamannya diluar masjid maka diperbolehkan baginya untuk memasuki area pemakaman tersebut, namun apabila tujuannya masuk ke area pemakaman tersebut adalah untuk berziaroh, hal yang harus diperhatikan adalah untuk tidak membaca al-qur’an (karena biasanya orang yang sedang ziaroh membaca yasin) dan tidak memegang mushaf al-qur’an, sebab wanita yang sedang haidh diharamkan membaca al-qur’an dan memegang mushaf al-qur’an. Wallohu a’lam.

Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 1  Hal : 79
ما يحرم بالحيض
الصلاة: لأحاديث فاطمة بنت أبي حبيش رضي الله عنها السابقة في الاستحاضة
قراءة القرآن ومس المصحف وحمله لما مر ايضأ فيما يحرم بالجنابة رقم (4، 5
- المكث في المسجد لا العبور فيه: لما مر معك فيما يحرم بالجنابة رقم (2). ومما يدل على أن مجرد العبور لا يحرم، بالإضافة لما سبق: ما رواه مسلم (298) وغيره عن عائشة رضي الله عنها قالت: قال لي رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: " ناوليني الخمرة من المسجد". فقلت: إني حائض، فقال: " إن حيضتك ليست في يدك".
وعن النسائي (1/ 147) عن ميمونة رضي الله عنها قالت: تقوم إحدانا بالخمرة إلى المسجد فتبسطها وهي حائض. [الخمرة: هي السجدة أو الحصير الذي يضعه المصلي ليصلي عليه أو يسجد -إلى أن قال
ويحرم على الحائض زيادة على ذلك أمور أخرى وهي: عبور المسجد والمرور فيه إذا خافت تلويثه، لأن الدم نجس ويحرم تلويث المسجد بالنجاسة وغيرها من الأقذار، فإذا أمنت التلويث حل لها المرور كما علمت

MEMBATALKAN PUASA KARNA MENYUSUI

Semua ulama’ telah sepakat bahwa wanita yang sedang menyusui diperbolehkan tidak tidak berpuasa pada bulan romadhon dengan syarat ia mengkhawatirkan dirinya atau anaknya akan menjadi sakit atau bertambah parah sakit yang diderita, atau akan menimbulkan bahaya atau kematian. Kekhawatiran pada anak juga menjadi pertimbangan dikarenakan seorang anak bagaikan bagian dari anggota tubuh ibunya, karena itu belas kasihan pada anak seperti halnya belas kasihan pada dirinya sendiri.

Adapun ketentuan bagi wanita yang membatalkan puasa karena menyusui anaknya diperinci sebagai berikut;

1. Apabila wanita tersebut membatalkan puasanya karena mengkhawatirkan kondisinya sendiri, semisal khawatir akan sakit karena harus menyusui anaknya saat berpuasa,  maka wanita tersebut diwajibkan mengqodho’ puasa yang ditinggalkan tersebut. Dalilnya adalah sabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam;


إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى وَضَعَ عَنِ المُسَافِرِ الصَّوْمَ، وَشَطْرَ الصَّلَاةِ، وَعَنِ الحَامِلِ أَوِ المُرْضِعِ الصَّوْمَ أَوِ الصِّيَامَ
“Sesungguhnya Allah Ta'ala tidak mewajibkan puasa atas musafir dan memberi keringanan separoh shalat untuknya juga memberi keringan bagi wanita hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa" (Sunan Turmudzi, no.715)

2. Apabila wanita tersebut membatalkan puasanya karena mengkhawatirkan kondisi anaknya, semisal dikhawatirkan ASI yang keluar akan menjadi sedikit karena ia berpuasa maka wanita tersebut diwajibkan untuk mengqodho’ puasa yang ia tinggalkan dan ditambah dengan membayar kafaroh. Dalilnya adalah riwayat Dari Ibnu Abbas rodhiyallohu ‘anhu;

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: {وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ}، قَالَ: «كَانَتْ رُخْصَةً لِلشَّيْخِ الْكَبِيرِ، وَالْمَرْأَةِ الْكَبِيرَةِ، وَهُمَا يُطِيقَانِ الصِّيَامَ أَنْ يُفْطِرَا، وَيُطْعِمَا مَكَانَ كُلِّ يَوْمٍ سْكِينًا، وَالْحُبْلَى وَالْمُرْضِعُ إِذَا خَافَتَا»، قَالَ أَبُو دَاوُدَ: يَعْنِي عَلَى أَوْلَادِهِمَا أَفْطَرَتَا وَأَطْعَمَتَا
“Dari Ibnu Abbas: WA 'ALALLADZII YUTHIIQUUNAHU FIDYATUN THA'AAMU MISKIIN (dan bagi orang yang berat menjalankanya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin), ia berkata; hal tersebut merupakan keringanan bagi laki-laki tua dan wanita tua, dan mereka -sementara kedua mampu melakukan puasa- agar berbuka dan memberi makan setiap hari satu orang miskin, dan keringanan bagi orang yang hamil dan menyusui apabila merasa khawatir. Abu Daud berkata; yaitu khawatir kepada anak mereka berdua, maka mereka berbuka dan memberi makan.” (Sunan Abu Dawud, no.2318)

Sedangkan pembayaran kafaroh dilakukan dengan bersedekah 1 mud (1 mud = 6 ons/ 679,79 gram) makan pokok yang umum didaerahnya pada tiap hari yang ditinggalkan kepada fakir miskin. Wallohu a’lam.

Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, Juz : 28  Hal : 54

الفقهاء متفقون على أن الحامل والمرضع لهما أن تفطرا في رمضان، بشرط أن تخافا على أنفسهما أو على ولدهما المرض أو زيادته، أو الضرر أو الهلاك، فالولد من الحامل بمنزلة عضو منها، فالإشفاق عليه من ذلك كالإشفاق منه على بعض أعضائها

Fathul Qorib, Hal : 141
والحامل والمرضع إن خافتا على أنفسهما) ضررا يلحقهما بالصوم، كضرر المريض (أفطرتا، و) وجب (عليهما القضاء، وإن خافتا على أولادهما) أي إسقاط الولد في الحامل وقلة اللبن في المرضع (أفطرتا، و) وجب (عليهما القضاء) للإفطار (والكفارة) أيضا. والكفارة أن يخرج (عن كل يوم مد؛ وهو) كما سبق (رطل وثلث بالعراقي). ويعبر عنه بالبغدادي

Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 2  Hal : 94

الحامل والمرضع
إذا أفطرت الحامل والمرضع، فهي إما أن تفطر خوفا على نفسها، أو خوفا على طفلها
فإن أفطرت خوفا من حصول ضرر بالصوم على نفسها وجب عليها القضاء فقط قبل حلول شهر رمضان آخر. روى الترمذي (715) وأبو داود (2408) وغيرهما عن أنس الكعبي - رضي الله عنه - عن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: إن الله تعالى وضع عن المسافر الصوم وشطر الصلاة، وعن الحامل أو المرضع الصوم أي خفف بتقصير الصلاة، ورخص في الفطر مع القضاء

وإن أفطرت خوفا على طفلها، وذلك بأن تخاف الحامل من إسقاطه إن صامت، أو تخاف المرضع أن يقل لبنها فيهلك الولد إن صامت، وجب عليها والحالة هذه القضاء والتصدق بمد من غالب قوت البلد عن كل يوم أفطرته. ومثل هذه الصورة أن يفطر الصائم لإنقاذ مشرف على الهلاك، فيجب عليه مع القضاء التصدق بمد طعام. روى أبو داود (2318) عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: (وعلى الذين يطيقونه فدية طعام مسكين) البقرة 184. قال كانت رخصة للشيخ الكبير والمرأة الكبيرة، وهما يطيقان الصوم أن يفطرا ويطعما كل يوم مسكينا، والحبلى والمرضع إذا خافتا ـ يعني على أولادهما ـ أفطرتا وأطعمتا